TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Yakin Rekapitulasi Penghitungan Tingkat Nasional Rampung Sebelum Tanggal 20 Maret 2024

KPU Yakin Rekapitulasi Penghitungan Tingkat Nasional Rampung Sebelum Tanggal 20 Maret 2024

15 Maret 2024 09:24 WIB
KPU Yakin Rekapitulasi Penghitungan Tingkat Nasional Rampung Sebelum Tanggal 20 Maret 2024
KPU Yakin Rekapitulasi Penghitungan Tingkat Nasional Rampung Sebelum Tanggal 20 Maret 2024

TVRINews, Jakarta
     
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meyakini bahwa proses rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat nasional dapat diselesaikan sebelum tanggal 20 Maret 2024. 

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota KPU RI August Mellaz yang menyebutkan bahwa ada kemungkinan proses rekapitulasi selesai pada Senin, 18 Maret 2024.

"Kalau target, kami malah selesai sebelumnya. Apakah mungkin nanti tanggal 18 Maret," kata Mellaz dalam keterangan yang diterima, Jumat 15 Maret 2024.

Lebih jauh, Mellaz mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan pemantauan terkait dengan proses rekapitulasi yang berada di tingkat kecamatan hingga provinsi. Kendati demikian, menurutnya, proses penghitungannya sudah mau selesai.

"Kami juga pantau yang ada di bawah ya, di tingkat provinsi yang sedang berlangsung. Tapi relatif sekarang sudah selesai bagian akhir," ujarnya.

Sebagaimana diketahui bahwa KPU RI telah melakukan rekapitulasi tingkat nasional untuk wilayah luar negeri sebanyak 127 wilayah, tersisa Malaysia karena adanya Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Sementara, untuk rekapitulasi dalam negeri, KPU telah melakukan rekapitulasi di 21 Provinsi, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Gorontalo, Kalimantan Tengah, Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, NTT, Banten dengan catatan masih ada pencermatan internal PAN dan administrasi cepat di Bawaslu antara Demokrat dan PDIP, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Jawa timur, 
Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Riau dan Papua Barat.

Baca Juga: Ini Isi Surat Ucapan Selamat dari Presiden Biden untuk Prabowo

Pewarta: Ricardo Julio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI