RRI

UMKM Soevenir Banjiri Arena Venue PON di Mimika

2 Oktober 2021 12:00 WIB
UMKM Soevenir Banjiri Arena Venue PON di Mimika

KBRN, Mimika: Mulai pukul 07.00 WIT Kabupaten Mimika, pengunjung atau masyarakat bisa melihat berbagai macam soevenir yang dijual pedagang. Berbagai sudut kota baik di sepanjang jalan protokol dan GOR anda bisa melihat para penjual soevenir.  

Terutama saat Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Papua yang kini tengah berlangsung di Mimika, para pedagang soevenir tampak di seluruh venue pertandingan cabang olahraga. 

Seperti di GOR Eme Neme Yauware, Mimika yang menjadi venue pertandingan cabor judo. Stand UMKM terlihat berderet menjajakan souvenir. Mulai kerajinan tangan seperti Tas Noken, gelang, topi, maskot PON, serta aksesoris t shirt khas PON Papua. 

Seorang penjual tas Noken, Christin mengaku kehadiran PON tentu memberikan hasil tambahan bagi mereka. Mengingat selama ini dalam masa pandemi, penghasilan mereka menurun.

"Kami sangat senang dengan adanya PON. Banyak orang luar daerah datang kemari. Bisa lah dibeli khas kerajinan masyarakat kita," ujar Christin, Sabtu (2/10).

Sementara seorang pembeli, Vera mengaku sangat tertarik dengan hasil kerajinan yang dibuat masyarakat asli daerah. Termasuk salah satunya tas noken yang menjadi ciri khas kerajinan putra - putri daerah.

"Katanya sih gak lengkap ke Papua kalau tidak bawa noken dari Papua," ucapnya sambil tersenyum. 

Selain di cabor Judo, berbagai aksesoris bernuansa PON juga dijual di venue lainnya, yakni di arena panjat tebing dan futsal SP 2 Mimika, bola basket SP 5 Mimika, serta Lanud TNI AU Timika. 

Pewarta: Joko Saputra
Editor: Syarif Hasan Salampessy
Sumber: RRI