TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Anies: Apakah Indonesia Akan Menjadi Negara yang Memperjuangkan Konstitusi?

Anies: Apakah Indonesia Akan Menjadi Negara yang Memperjuangkan Konstitusi?

27 Maret 2024 10:01 WIB
Anies: Apakah Indonesia Akan Menjadi Negara yang Memperjuangkan Konstitusi?
Anies: Apakah Indonesia Akan Menjadi Negara yang Memperjuangkan Konstitusi?

TVRINews, Jakarta

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan hadir secara langsung dalam sidang sengketa pilpres 2024 yang digelar di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), pada hari ini, Rabu, 27 Maret 2024.

 

Berbicara di depan hakim MK, Anies mempertanyakan apakah Indonesia akan menjadi negara yang menghargai dan memperjuangkan konstitusi sebagai pilar tertinggi demokrasi di negara ini.

 

“Kita dihadapkan pada pertanyaan pertanyaan fundamental yang menentukan apakah Republik Indonesia yang kita cintai akan menjadi negara yang menghargai dan memperjuangkan konstitusi sebagai pilar tertinggi demokrasi kita?,” tanya Anies, Rabu, 27 Maret 2024.

 

“Apakah kita akan mereduksi konstitusi menjadi sekadar alat untuk pelanggengan kekuasaan tanpa pengawasan rule by law?,” tanyanya lagi.

 

Eks gubernur DKI Jakarta itu menegaskan bahwa Indonesia harus memutuskan apakan akan menjadi negara yang mengakui dan menghormati hak setiap individu untuk menyuarakan pilihannya secara bebas dan independen atau justru berpaling dan mengabaikan kepentinginan nasional. 

 

Menurut Anies, sejak zaman prakemerdekaan, Indonesia telah menapaki berbagai persimpangan krusial yang menentukan arah dan nasib bangsa. Tidak semua keputusan yang dibuat adalah keputusan yang tepat.?

Untuk itu, Anies mengatakan bahwa saat ini adalah saat yang tepat bagi semua pihak untuk mengambil pelajaran dari sejarah berdirinya bangsa dan negara dengan keberanian moral dan intelektual untuk menentukan masa depan. Semua itu tentu dengan keputusan yang akan memperkuat fondasi demokrasi dan fondasi keadilan di dalam negara.

Pewarta: Intan Kusumawardani
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI