RRI

BWS Malut Gelar Diskusi 10th World Water Forum

22 Februari 2024 14:07 WIB

KBRN, Ternate: Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Maluku Utara, Kalpin Nur secara resmi membuka acara Focus Group Discussion (FGD). Diskusi yang digelar di Auditorium RRI Ternate, Kamis (22/2/2024) adalah salah satu rangkaian menuju "10th World Water Forum". 

Sebagaimana diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah event internasional yang akan berlangsung di Bali bulan Mei mendatang.

Kalpin mengatakan diskusi ini menjadi salah satu langkah bagaimana mengelola, memanfaatkan air secara kolektif demi kemakmuran bersama. 

"Yang kita ketahui air adalah sumber daya yang sangat penting bagi semua elemen kehidupan. Serta untuk pembangunan berkelanjutan", kata Kalpin di hadapan puluhan peserta diskusi.

"Pemanfaatan air sangat diperlukan dalam segala sisi mulai sekarang, mengingat krisis air sudah menjadi isu global saat ini", 

Peserta diskusi mengikuti pembukaan FGD menuju acara 10th World Water Forum di Bali Mei mendatang. Giat ini digelar di Auditorium RRI Ternate, Kamis (22/2/2024). (Foto: Zoel Radeng)

Melalui diskusi ini, Kalpin mengharapkan peserta dapat memiliki kesempatan mendengarkan pandangan berbagai pemangku kepentingan dan ahli di bidangnya. Mengingat FGD ini melibatkan Akademisi, komunitas, dan pemerintah daerah.

"Saya yakin diskusi kita akan menjadi sangat berharga dan menghasilkan ide-ide inovatif. Serta membangun kesepahaman yang lebih dalam tentang pentingnya air bagi kemakmuran bersama", ujarnya.

Untuk mencapai tujuan bersama, melalui diskusi ini Kalpin juga berharap peserta diskusi dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

"Mari kita mulai diskusi ini dengan semangat kolaborasi dan keinginan yang tinggi untuk menciptakan perubahan positif dalam pengelolaan sumber daya air kita", ucap Kalpin, mengakhiri.

Pewarta: Syakir Saleh S.I.Kom
Editor: Dhavi Baba
Sumber: RRI