RRI

Sambut World Water Forum, Walikota Tanam Pohon

27 Juli 2023 15:41 WIB

KBRN, Banjarmasin : Dalam rangka menyambut peringatan 10 tahun World Water Forum, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina membuka kegiatan Susur dan Bersih-Bersih Sungai, yang bertemakan "Sungai Bersih untuk Kehidupan dan Alam", bertempat di Taman Teluk Kelayan Banjarmasin.

Kegiatan tersebut diawali dengan menanam pohon bersama dilanjutkan susur sungai dan bersih-bersih di Sungai Kelayan Banjarmasin, Kamis (27/7/2023).

Turut hadir dalam kegiatan, Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan lll, l Putu Purna Wijaya, Kepala DLH Prov Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, Forkopimda serta jajaran terkait.

Menurut Ibnu, dalam rangkaian Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA) adalah upaya untuk menuju 10 tahun World Water Forum (WWF) 2024 di Bali mendatang.

"Sehingga rangkaian ini dilaksanakan di Kota Banjarmasin dalam bentuk susur sungai dan bersih-bersih sungai. Nanti sampah yang terkumpul ya dicacah oleh bank sampah kita," ujarnya.

Maka dari itu, Ia menghimbau kepada masyarakat agar jangan buang sampah ke sungai serta ia berharap kegiatan itu bukan hanya insidentil (tidak rutin dan hanya sesekali diadakan) tetapi harus bisa rutin melaksanakan kegiatan susur dan bersih-bersih sungai.

"Kami berkomitmen untuk sama-sama dengan seluruh warga agar menjaga sungai kita, kita jaga kita rawat, karena sungai ini adalah bagian dari air kehidupan kita. sungai sebagai beranda depan kota, water front city," pesannya.

Sementara itu, Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan lll, l Putu Purna Wijaya mengatakan kegiatan susur dan bersih-bersih sungai itu untuk lebih mengingatkan dan menunjukan komitmen bersama bahwa sungai harus dijaga dan dipelihara.

"Tidak hanya dari tingkat pemerintah tetapi juga bersama-sama dengan masyarakat dan komunitas untuk kita tekankan pentingnya pemberian edukasi," ucapnya.

Ia menjelaskan, kegiatan WWF itu dilaksanakan serentak seluruh Indonesia pada hari di seluruh sungai yang ada di Indonesia. "Kalau yang di Kalimantan yang di susur adalah yang disini (Banjarmasin)," tutupnya.

Pewarta: Nanda Safitri
Editor: Yunan Tanjung
Sumber: RRI