RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pemerintah Siap Gelar Pertemuan Awal World Water Forum

Pemerintah Siap Gelar Pertemuan Awal World Water Forum

4 Februari 2023 17:25 WIB

KBRN, Jakarta: Pemerintah Indonesia menyatakan siap melaksanakan kickoff meeting (pertemuan awal) dalam rangka penyelenggaraan World Water Forum 2024. Ini merupakan pendahuluan dari keseluruhan rangkaian kegiatan yang akan berlangsung pada tahun depan di Bali. 

Pertemuan awal World Water Forum 2024 itu akan berlangsung pada 15-16 Februari 2023 di Jakarta Convention Center. Demikian disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Jumat (3/2/2023).

"Ini merupakan pertemuan pertama pemangku kepentingan di bidang pengelolaan sumber daya air," katanya. Pemerintah menargetkan kickoff meeting World Water Forum 2024 dapat dihadiri oleh 1.000 peserta.

Basuki berharap para peserta dapat berkontribusi terhadap upaya mencari solusi masalah pengairan, baik secara regional, nasional maupun global. "Kick-off meeting akan mendiskusikan berbagai tantangan di bidang pengairan dan bagaimana mengatasinya," ujarnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berharap pelaksanaan World Water Forum 2024 sukses seperti G20. "Kuncinya adalah gotong royong dan kekompakan kita semua di pusat maupun daerah," katanya.

Menurut Luhut, pertemuan ini merupakan suatu langkah yang bagus bagi Indonesia. "Jadi, tantangan bagi pemerintah untuk menyelenggarakannya dengan baik," ujarnya.

World Water Forum ke-10 yang akan berlangsung pada 18-24 Mei 2024  dengan mengusung tema “Water for Shared Prosperity”. Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah pada tahun 2022 oleh World Water Council selaku pemrakarsa forum internasional tersebut.

Pewarta: Nurana Diah Dayanti
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI