RRI

  • Beranda
  • Berita
  • WWF Mengelar Workhshop Program Pendidikan Berkelanjutan (ESD)

WWF Mengelar Workhshop Program Pendidikan Berkelanjutan (ESD)

2 Agustus 2022 23:12 WIB

KBRN, Melawi : Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa membuka secara resmi acara Kick Off dan workshop ESD dasar program pendidikan pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Melawi, di Aula Hotel Lima Bintang Nanga Pinoh Senin,(01/08/2022).

Perwakilan WWF Indonesia, M. Munawir dalam laporannya menyampaikan bahwa WWF Indonesia sangat fokus dalam pendidikan terutama dalam program pendidikan pembangunan yang berkelanjutan.

“Kami dari WWF Indonesia bekerjasama dengan Suar Institute melaksanakan workshop ini sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap pendidikan di Kabupaten Melawi. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah dalam rangka peningkatan kapasitas tentang Program Pendidikan Berkelanjutan atau Education for Sustainable Development (ESD) bersama dewan guru SMPN 3 dan SMPN 8 Nanga Pinoh beserta komite, dengan tujuan selanjutnya adalah peningkatan kapasitas implementasi Kurikulum Merdeka”, terangnya.

Lebih lanjut, Munawir menjelaskan konsep kurikulum merdeka saat ini memiliki keselarasan dengan konsep PPB-ESD yaitu konsep pendekatan sekolah secara menyeluruh (Whole School Approach) seperti budaya dan etos sekolah, monitoring dan evaluasi, pengajaran, pembelajaran murid, masyarakat, serta lingkungan sekolah.

“Dengan adanya kurikulum merdeka tersebut, diperlukan adaptasi bagi dewan guru untuk mengimplementasikan kurikulum tersebut dalam proses belajar dan pengajaran di sekolah”, tambahnya.

Sementara itu, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Kick Off dan workshop PPB-ESD yang diselenggarakan oleh WWF Indonesia bekerjasama dengan Suar Institute ini.

“Saya sangat menyambut baik kegiatan ini, karena pembangunan pendidikan merupakan salah satu prioritas utama pembangunan Kabupaten Melawi dibawah kepemimpinan saya dan pak Wakil Bupati Drs. Kluisen,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan pendidikan merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas hidup manusia. Peningkatan kualitas pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak, tidak terlepas pemerintah dan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati mengungkapkan pentingnya Kick Off dan worksop ESD untuk mensinergikan sekaligus menyesuaikan berbagai informasi perkembangan konsep pendidikan.

“Kegiatan ini juga penting untuk membangun kesamaan pandangan atas berbagai kebijakan bidang pendidikan serta implementasinya di Kabupaten Melawi terutama dalam pengembangan kurikulum merdeka,”ujarnya.

Menutup sambutannya, Bupati berharap kegiatan ini dapat dioptimalkan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di dalam bidang pendidikan sekaligus mengevaluasi berbagai hasil pembangunan bidang pendidikan untuk dijadikan bahan perencanaan pembangunan kedepannya sehingga menjadi lebih baik.

“Mari bersama-sama memajukan pembangunan bidang pendidikan di Kabupaten Melawi guna  mewujudkan Kabupaten Melawi yang adil, pantas, hebat, yang berlandaskan gotong royong serta harmonis dalam keberagaman,”tutupnya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh WWF Indonesia dan Suar Institute turut dihadiri oleh Para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi, Kepala Sekolah, Komite, Dewan Guru SMPN 3 Nanga Pinoh dan SMPN 8 Nanga Pinoh, masyarakat desa Nanga Kebebu, dan masyarakat desa Semadin Lengkong. (Ril/titik)

Pewarta: Titik Hariati
Editor: Ade Ramli
Sumber: RRI