RRI

  • Beranda
  • Berita
  • WWF Ke-10, Pastikan Air sebagai Prioritas Politik

WWF Ke-10, Pastikan Air sebagai Prioritas Politik

21 April 2024 22:33 WIB
WWF Ke-10, Pastikan Air sebagai Prioritas Politik
Presiden Dewan Air Dunia, Loic Fauchon. (Foto: WWF/Ist)

KBRN, Jakarta: Indonesia menjadi tuan rumah World Water Forum atau Forum Air Dunia (WWF) ke-10, pada 18 – 25 Mei di Nusa Dua, Bali. Forum ini merupakan kolaborasi Pemerintah Indonesia dengan Dewan Air Dunia. 

Presiden Dewan Air Dunia, Loic Fauchon mengungkapkan, terdapat dua tujuan utama dalam penyelenggaraan WWF ke-10. Di antaranya, memastikan air dan sanitasi merupakan prioritas politik.

“Air adalah politik” di semua tingkatan, internasional, nasional, dan lokal. Dan, prioritas-prioritas ini memerlukan tindakan dan solusi yang bersifat politis,” kata Fauchon dalam pernyataannya dikutip RRI.co.id melalui laman resmi WWF, Minggu (21/4/2024). 

Selanjutnya, tujuan WWF 2024 menyatakan dengan lantang menyediakan air bagi jutaan orang yang kekurangan air memerlukan aliansi sempurna. Yaitu, antara inovasi, tata kelola, dan keuangan.

“Dan, aliansi ini membutuhkan jawaban konkret. Dengan tujuan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat termiskin,” ujarnya. 

“Terima kasih kepada Indonesia, kepada Presiden RI, para Menteri yang bertanggung jawab. Serta, rekan-rekan Indonesia yang menyukseskan Forum Air Dunia ke-10 yang akan menjadi bagian dari Kisah Air Hebat.” 

Sebelumnya, persiapan WWF ke-10 telah dilaksanakan Dewan Air Dunia bersama UNESCO, pada 28 – 29 Maret 2024 di Paris, Prancis. Pertemuan dihadiri seluruh 194 negara anggota UNESCO, beberapa organisasi internasional dan lembaga swadaya masyarakat (LSM). 

Pada kesempatan ini, Indonesia menyampaikan gagasannya terkait Deklarasi Menteri Forum Air Dunia ke-10. Ide-ide tersebut terdiri dari rencana pendirian Pusat Unggulan Ketahanan Air dan Iklim.

Kemudian, pengarusutamaan Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu (IWRM) di Pulau-Pulau Kecil, dan menetapkan Hari Danau Sedunia. Indonesia juga bermaksud memasukkan gagasan-gagasan tersebut ke dalam Kompendium Deklarasi Menteri. 

Yakni, tentang Hasil dan Tindakan Konkret (Compendium) sebagai daftar kegiatan/inisiatif tindak lanjut konkret setelah Forum Air Dunia ke-10.

Pewarta: Jayanti Retno Mandasari
Editor: Ari Dwi P
Sumber: RRI