TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • World Water Forum ke-10 Dimulai dengan Segara Kerthi, Luhut: Ini Pembeda Forum-Forum Sebelumnya

World Water Forum ke-10 Dimulai dengan Segara Kerthi, Luhut: Ini Pembeda Forum-Forum Sebelumnya

18 Mei 2024 17:49 WIB
World Water Forum ke-10 Dimulai dengan Segara Kerthi, Luhut: Ini Pembeda Forum-Forum Sebelumnya

TVRINews, Denpasar

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menyebut World Water Forum ke-10 memiliki hal unik yang menjadi pembeda dari forum-forum sebelumnya.

Hal tersebut dikarenakan pada forum air terbesar di dunia ini menghadirkan upacara Segara Kerthi.

“World Water Forum ke-10 dimulai dengan upacara Pemurnian Air Bali, sebuah ritual Sagara Kerthi yang menghormati alam dan mendoakan kesuksesan acara tersebut,” kata Luhut saat menghadiri upacara Segara Kerthi di Denpasar, Bali, Sabtu, 18 Mei 2024.

Baca Juga: Menteri Basuki Tinjau Taman Bhagawan di Tanjung Benoa, Venue Cultural Night World Water Forum ke-10

“Ini merupakan keunikan yang membedakan dengan forum-forum sebelumnya,” lanjutnya.

Luhut menjelaskan kearifan lokal Segara Kerthi yang berarti pemujaan terhadap air, khususnya pantai dan laut, berasal dari kepercayaan Hindu. 

Masyarakat Bali sangat percaya pada kearifan adat Hindu, salah satunya adalah menatap air. Bagi masyarakat Bali, air lebih dari sekedar sumber daya melainkan inti dari spiritualitas dan budaya.

Lebih jauh, ritual Segara Kerthi merupakan bagian dari ajaran Sad Kerthi yang memuat enam perilaku mulia untuk mempertahankan alam semesta. Hal ini menunjukkan kearifan asli masyarakat Bali baik lahiriah maupun batiniah.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dan pemurnian laut dalam skala besar. Laut selain sebagai sumber air juga merupakan habitat terbesar bagi makhluk hidup, sehingga upacara ini bertepatan dengan Hari Suci Tumpek Uye yang merupakan hari yang tepat untuk menghormati hewan,” tuturnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Bali: Taksu Bali untuk Kesuksesan World Water Forum ke-10

Sebagai informasi, World Water Forum ke-10 yang diselenggarakan pada 18-25 Mei 2024 berfokus pada empat hal, yakni konservasi air (water conservation), air bersih dan sanitasi (clean water and sanitation), ketahanan pangan dan energi (food and energy security), serta mitigasi bencana alam (mitigation of natural disasters).


Sumber: TVRI