TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pj Gubernur Bali: Taksu Bali untuk Kesuksesan World Water Forum ke-10

Pj Gubernur Bali: Taksu Bali untuk Kesuksesan World Water Forum ke-10

18 Mei 2024 17:29 WIB
Pj Gubernur Bali: Taksu Bali untuk Kesuksesan World Water Forum ke-10

TVRINews, Denpasar

Bali selain memiliki alam yang indah, juga memiliki kearifan lokal yang adiluhung, dimana keseharian kehidupan masyarakatnya menyatu dengan tradisi, adat, dan budaya warisan dari leluhur.

Pj Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya menuturkan, setiap jengkal tanah di Bali selalu diupacarai baik secara skala maupun niskala yang menjadikan tanah Bali memiliki taksu (energi spiritual).

“Setiap jengkal tanah di Bali selalu diupacarai, secara skala dan niskala, sebagai Ibu dari Ning Ibu, Ibu Pertiwi, menjadikan tanah Bali memiliki taksu, energi spiritual,” kata Mahendra Jaya saat membuka upacara Segara Kerthi di Denpasar, Bali, Sabtu, 18 Mei 2024.

Baca Juga: Bali Nice melalui Upacara Segara Kerthi jadi Sentuhan Kearifan Lokal pada World Water Forum ke 10

Mahendra Jaya menyampaikan, Pemerintah Bali menggelar ritual Segara Kerthi yang dimana pada hari ini (Sabtu, 18 Mei 2024) bertepatan dengan Hari Suci Rainan Tumpek Uye.

Ia menjelaskan Segara Kerthi merupakan bagian dari tradisi dan kearifan lokal masyarakat Bali sebagai bentuk pemuliaan terhadap alam semesta, khususnya laut dan segala isinya, sarwa prani.

Dalam kearifan lokal Bali, laut disebut sebagai campuan sarwa prani, yang berarti muara segala kehidupan dan samudera cipta peradaban. Laut dan air merupakan habitat terbesar beraneka jenis satwa yang selalu dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber kehidupan dan penghidupan. 

Oleh sebab itu, laut dan air harus dirawat, disucikan, dan dimuliakan, baik secara skala nyata maupun secara niskala spiritual.

“Secara skala, kami terus merawat dan melindungi agar laut dan air tetap lestari. Secara niskala, kami melakukan ritual pemujaan kepada ide saing doase, Tuhan Yang Maha Esa, agar selalu hidup harmonis dengan alam,” ucapnya.

Baca Juga: Indonesia Jamin Keamanan World Water Forum ke-10 dari Ancaman Nuklir

Mahendra Jaya berharap taksu Pulau Bali dapat memberikan spirit positif untuk kelancaran dan suksesnya pelaksanaan forum air terbesar di dunia atau World Water Forum ke-10 tahun 2024.

“Semoga taksu Pulau Bali dapat memberikan spirit positif untuk lancaran dan suksesnya pelaksanaan World Water Forum ke-10 tahun 2024 ini, serta memberi memori yang menyenangkan, indah kepada Bapak/Ibu sekalian,” harapnya.


Sumber: TVRI