TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Bertemu Presiden SMU PBB, Menlu Retno Bahas Isu Palestina Hingga Perubahan Iklim

Bertemu Presiden SMU PBB, Menlu Retno Bahas Isu Palestina Hingga Perubahan Iklim

20 Mei 2024 07:38 WIB
Bertemu Presiden SMU PBB, Menlu Retno Bahas Isu Palestina Hingga Perubahan Iklim

TVRINews, Denpasar

Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu) Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-78 Dennis Francis di sela-sela World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, pada Minggu, 19 Mei 2024.

Di antara isu yang dibahas adalah situasi di Palestina, penguatan multilateralisme, dan perubahan iklim.

Retno menyambut baik adopsi resolusi SMU PBB mengenai pemberian hak-hak istimewa bagi Palestina yang membuatnya memiliki hak hampir sama dengan negara anggota. Resolusi ini merupakan langkah penting dalam upaya mendorong hak yang setara bagi Palestina.

Namun, Retno mengatakan bahwa resolusi ini saja tidaklah cukup. Upaya mewujudkan perdamaian berkelanjutan, memastikan kelancaran pengiriman bantuan kemanusiaan, dan mendorong keanggotaan penuh Palestina di PBB harus terus dilakukan. 

Isu lain yang dibahas adalah penguatan multilateralisme. Retno menegaskan pentingnya peran PBB yang lebih sebagai jangkar multilateraisme dan komitmen Indonesia mendukung multilateralisme. Dalam kaitan ini, Indonesia menyambut baik rencana penyelenggaraan Summit of the Future dan berharap pertemuan tersebut membuahkan hasil konkret, termasuk dalam mendorong reformasi arsitektur multilateral dan mempercepat pencapaian pembangunan berkelanjutan (SDGs). 

Sementara itu, Francis menyampaikan apresiasi atas kontribusi Indonesia pada misi pemeliharaan perdamaian PBB.

Terkait perubahan iklim, Retno menegaskan komitmen Indonesia untuk berkolaborasi mengatasi kenaikan air laut yang sangat berdampak pada negara-negara kepulauan kecil. 

Dalam kaitan tersebut, Indonesia mendukung penyelenggaraan High-Level Meeting on the Sea Level Rise pada September mendatang dan berharap pertemuan tersebut membuahkan hasil konkret.

Baca Juga: Presiden RI Pimpin Pertemuan Tingkat Tinggi World Water Forum ke-10 Hari Ini


Sumber: TVRI