RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Buka WWF Ke-10, Presiden Jokowi: Air Sumber Kehidupan

Buka WWF Ke-10, Presiden Jokowi: Air Sumber Kehidupan

20 Mei 2024 09:51 WIB
Buka WWF Ke-10, Presiden Jokowi: Air Sumber Kehidupan
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan di WWF Bali, Senin (20/5/2024) (Foto: Istimewa)

KBRN, Denpasar: Presiden Jokowi secara resmi membuka World Water Forum 2024 di Bali, Senin (20/5/2024). Dalam sambutanya presiden mengatakan bahwa air sebagai sumber kehidupan.

"Namun, jika tidak dikelola dengan baik, air juga dapat menjadi sumber bencana. Dan dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim Forum Air Sedunia ke-10 secara resmi saya nyatakan dibuka," ucap Presiden Jokowi.

Selain itu, kata presiden, air juga menjadi simbol keseimbangan dan keharmonisan. "Sebagai negara dengan luas perairan yang mencapai 65 persen, Indonesia kaya dengan kearifan lokal dalam pengelolaan air, mulai dari sepanjang garis pantai, pinggiran aliran sungai, sampai tepian danau," katanya.

Selain itu, kata Presiden, masyarakat Indonesia memiliki nilai budaya terhadap air. "Salah satunya sistem Subak yang ada di Bali yang dipratekkan sejak abab 11 yang lalu dan diakui sebagai warisan budaya dunia," katanya.

Selain itu, kata ia, bagi masyarakat Bali, air sebagai kemuliaan yang mengandung nilai-nilai spiritual dan budaya yang harus dikelola bersama. "Hal itu sejalan dengan tema kita tahun ini, yaitu "air bagi kemakmuran bersama", ucapnya.


 

Pewarta: Allan
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI