TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Puan Singgung Lonjakan Anggaran Belanja Militer di World Water Forum 

Puan Singgung Lonjakan Anggaran Belanja Militer di World Water Forum 

20 Mei 2024 12:00 WIB
Puan Singgung Lonjakan Anggaran Belanja Militer di World Water Forum 

TVRINews, Denpasar

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani menyinggung lonjakan anggaran belanja militer saat World Water Forum 2024 di Bali.

“Studi terbaru menunjukkan peningkatan signifikan belanja militer hingga mencapai USD 2,4 triliun pada tahun 2023 jumlah itu mencapai 2,3 persen PDB global,” kata Puan saat High Level Meeting World Water Forum ke-10, Senin, 20 Mei 2024.

Data tersebut selaras dengan data terbaru yang dirilis lembaga internasional Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), dengan Amerika Serikat, China, dan Rusia menjadi tiga negara dengan belanja militer terbesar pada 2023.

Sedangkan, kata Puan, pada saat yang sama pengeluaran sektor air di negara berkembang dan negara miskin hanya 0,5 persen dari PDB negara-negara tersebut.

Menurutnya, ketimpangan pendanaan tersebut sangatlah kontradiktif dengan kebutuhan dunia. Saat ini, dunia sedang dihadapkan kepada ancaman luar biasa, seperti ancaman-ancaman bencana alam yang ditimbulkan oleh perubahan iklim dan kelangkaan air.

“Nampaknya kita terjebak dalam kondisi misalokasi sumber daya. Ini sungguh kontradiktif ketika dunia dihadapkan pada ancaman luar biasa termaksud yang ditimbulkan oleh perubahan iklim dan kelangkaan air,” ucapnya. 

Oleh karena itu, ia berpandangan, jika parlemen dan pemerintah mampu meningkatkan pendanaan untuk pengadaan air bersih, maka persoalan kelangkaan air dapat diselesaikan secara signifikan.

“Jika parlemen dan pemerintah mampu meningkatkan pendanaan untuk pengadaan air bersih maka persoalan kelangkaan air akan dapat diselesaikan secara signifikan,” ujarnya.

Sebagai salah satu bentuk keseriusan parlemen dalam mendukung inisiatif air, DPR menggelar Parliamentary Meeting on The Occasion of The 10th World Water Forum yang akan membahas 4 isu substantif.

Adapun keempat isu tersebut, yakni "Access to water and sanitation: A deal-breaker for achieving sustainable development"; "Innovative practices for inclusive and equitable access to water"; "Water at the heart of climate action"; serta "Water diplomacy, cooperation and science for peace".

Baca Juga: Cinta Laura : Gen-Z Harus Peduli Isu Lingkungan


Sumber: TVRI