TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Presiden Jokowi Ajak Delegasi World Water Forum ke Tahura Ngurah Rai

Presiden Jokowi Ajak Delegasi World Water Forum ke Tahura Ngurah Rai

20 Mei 2024 18:36 WIB
Presiden Jokowi Ajak Delegasi World Water Forum ke Tahura Ngurah Rai

TVRINews, Badung

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan pemimpin negara peserta World Water Forum ke-10 mengunjungi Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Bali pada Senin, 20 Mei 2024.

Berbeda dari saat KTT G20 tahun 2022 lalu, Jokowi dan pemimpin negara peserta WWF-10 tidak menanam mangrove secara langsung, melainkan memberikan bibit pohon kepada anak-anak sebagai simbol generasi penerus upaya konservasi lingkungan.

”Kegiatan penyerahan bibit dan penanaman pohon di Tahura merupakan pencerminan tekad bersama untuk memajukan kerja sama dan aksi nyata untuk pembangunan global,” kata Jokowi, Senin, 20 Mei 2024.

Lebih lanjut, Jokowi mengajak delegasi memasuki area tanaman mangrove yang terletak di sepanjang muara yang didukung dengan teknologi kelistrikan pembangkit tenaga surya.

Fasilitas itu dilengkapi dengan area panel surya yang berfungsi sebagai landasan pembangkit listrik di berbagai area konservasi mangrove.

Keberadaan panel surya di Tahura Ngurah Rai diadopsi dari proyek panel surya Cirata yang merupakan proyek gabungan antara Indonesia dan Persatuan Emirat Arab, diluncurkan di Provinsi Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Tanaman mangrove yang terbentang luas di kawasan Tahura Ngurah Rai dipandang sangat penting untuk menunjang ekosistem dan kesejahteraan manusia, menyaring dan mengatur siklus air tawar serta menjadi solusi menghadapi ancaman perubahan iklim dan kepunahan keanekaragaman hayati.

Jokowi menekankan besarnya potensi hutan mangrove yang mampu menyerap dan menyimpan karbon 4-5 kali lebih tinggi daripada hutan biasa, dan dapat mendukung peningkatan kelangsungan hidup masyarakat pesisir.


Sumber: TVRI