RRI

Perolehan Medali Sementara Aceh di PON Papua

2 Oktober 2021 14:25 WIB
Perolehan Medali Sementara Aceh di PON Papua

KBRN, Aceh: Atlet cabang olahraga (Cabor) sepatu roda, Jihan, berhasil menyumbang emas pertama bagi Aceh, di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021.

Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh M Nasir mengatakan, selanjutnya sejumlah cabor lainnnya juga sudah berkontribusi menyumbang medali perunggu hingga, Jum'at (1/10/2021) kemarin.

"Dari 26 cabang olahraga, 18 Cabor dari Aceh sudah tiba di Papua dan ada sebagian sudah bertanding," katanya, dalam dialog RRI Meulaboh, Sabtu (2/10/2021).

M Nasir merincikan perolehan sementara medali yang diperoleh Aceh. Untuk medali emas pertama diraih atlet Sepatu Roda dengan 1 medali emas, kemudian Wushu 1 perunggu, Judo 1 Pperunggu dan tiga atlit Muaythai berhasil melaju ke final.

"Cabor Panahan dan sepak bola juga sudah bertanding, yang lain kita masih menunggu proses. Hari ini libur karena agenda pembukaan PON XX Papua oleh Presiden RI Joko Widodo," tambahnya.

Pada PON XX Papua 2021, Provinsi Aceh mengirimkan 127 atlet dari 26 cabang olahraga berprestasi, yang mendapat pembinaan matang dan seleksi yang sportif selama 2 tahun terakhir di Provinsi Aceh melalui Pekan Olahraga.

Pada PON XX Papua 2021, Pengurus KONI Aceh menargetkan masuk 12 besar, sementara Pemerintah Aceh menargetkan masuk 14 besar. Meski demikian, Ketua Umum KONI Aceh Muzakir Manaf meminta Aceh harus masuk 15 besar pada PON XX Papua 2021.

"Kami harapkan doa semua rakyat Aceh untuk kemenangan dan suksesnya anak-anak kita yang tengah bertanding di Papua saat ini," demikian M Nasir.

lebih lanjut juga disampaikan, selain official dan pelatih, dua kepala daerah yakni Bupati Aceh Barat H Ramli, MS dan Bupati Aceh Selatan T Amran serta Ketua DPRK Subulussalam juga telah tiba di Papua. Kedatangan mereka untuk memberikan support kepada atlet Aceh.

Pewarta: Anwar Yunus
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI