RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Sandiaga: Pemerintah Maksimalkan Pengelolaan Air untuk Sektor Pariwisata

Sandiaga: Pemerintah Maksimalkan Pengelolaan Air untuk Sektor Pariwisata

21 Mei 2024 12:08 WIB
Sandiaga: Pemerintah Maksimalkan Pengelolaan Air untuk Sektor Pariwisata
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri World Water Forum Ke-10 di Bali (Foto: Dokumentasi RRI)

KBRN, Jakarta: Pemerintah tengah berupaya memaksimalkan pengelolaan air untuk kepentingan sektor pariwisata. Demikian disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, Selasa (21/5/2024) di Bali. 

Menurut dia, sektor pariwisata sangat bersinggungan dengan air atau istilahnya 'no water no tourism'. "Karena itu, saat ini kami berkolaborasi bagaimana mendongkrak pariwisata dengan memanfaatkan pengelolaan air,” ujarnya.

Sandiaga mengatakan penyelenggaraan World Water Forum (WWF) di Indonesia menjadi forum untuk mendiskusikan pengelolaan sumber daya air berkelanjutan. "Ini menjadi kesempatan kita untuk berperan sebagai pemimpin pengelolaan air dunia," ucapnya. 

Apalagi, lanjut Menparekraf, luas perairan di wilayah Indonesia merupakan mencapai 65 persen. "Sektor pariwisata akan menjadi bagian penting untuk menjaga ketersediaan air yang sangat penting bagi kehidupan," katanya. 

Sandiaga lalu mengutip pengusaha Amerika Serikat, Elon Musk, pengelolaan air akan semakin mudah dengan adanya teknologi. "Ini karena dari 72 persen air di permukaan bumi, hanya satu persen yang dapat dimanfaatkan untuk minum," ujarnya.

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI