TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Komitmen Indonesia dan UEA Kerja Sama Perjuangkan Pembangunan Ramah Lingkungan

Komitmen Indonesia dan UEA Kerja Sama Perjuangkan Pembangunan Ramah Lingkungan

21 Mei 2024 15:23 WIB
Komitmen Indonesia dan UEA Kerja Sama Perjuangkan Pembangunan Ramah Lingkungan

TVRINews, Nusa Dua

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Menteri Energi dan Infrastruktur Uni Emirat Arab, Suhail Al Mazroui di Nusa Dua, Bali, pada Selasa, 21 Mei 2024.

Dalam pertemuan tersebut, kedua negara sepakat untuk memperjuangkan pembangunan ramah lingkungan.

Luhut menceritakan pada 19 Mei lalu telah dilakukan Peletakan Batu Pertama Mohamed Bin Zayed–Mangrove Internasional Joko Widodo Pusat Penelitian di Kura Kura Bali. 

“Ini mencerminkan konkret komitmen dari para pemimpin untuk mempromosikan penelitian dan inovasi bioteknologi, AI, dan pemanfaatan drone untuk pemulihan karbon biru di daerah terpencil. Ketika UEA terus memperjuangkan pembangunan ramah lingkungan, Indonesia juga siap ikut memperjuangkan hal tersebut untuk memajukan kerja sama pragmatis di bidang hijau dan energi terbarukan, bahan bakar penerbangan berkelanjutan, carbon capture and storage, mengurangi sampah plastik laut, ketahanan pangan, serta sovereign wealth fund,” kata Luhut, Selasa, 21 Mei 2024.

Baca Juga: Menko Luhut: Hadapi Krisis Air dengan Global Water Fund

Lebih lanjut, Luhut juga menjelaskan Indonesia siap memajukan kerja sama perdagangan pertanian dari industri hortikultura dan tanaman pangan seperti Jagung, Kedelai, dan lainnya di Sumatera Utara dan Sulawesi Tengah.

"Industri kedua negara, melalui peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan-perusahaan berkualitas harus ikut berperan utama untuk mencapai masa depan kita yang berkelanjutan. Dengan mendorong lebih banyak perusahaan UEA untuk bermitra dengan BUMN kita miliki peluang untuk berekspansi di Indonesia dan memperluas pasar ASEAN,” ujar Luhut. 

Selain itu, dilaksanakan juga penandatangan kerja sama beberapa BUMN dengan perusahaan UEA. 

Baca Juga: Luhut: Elon Musk Sangat Senang Bertemu Pak Prabowo

Pertama, kemitraan Masdar dengan Pertamina Power, PLN Nusantara Power, dan Otoritas Ibu Kota Nusantara tentang pengembangan energi terbarukan, Studi Bersama Tahap 2 PLTS terapung Cirata, dan Tahap 1 penyediaan energi terbarukan Ibu Kota Nusantara.

Selain itu, Luhut juga menyambut baik penandatanganan perjanjian kerangka kerja untuk program Pesawat Udara antara Calidus LLC dan PT Dirgantara Indonesia, serta kemitraan LuLu Group dengan PT. Darma Sarana Niaga, LuLu Indonesia, dan Kawasan Industri Marunda di bidang pengolahan daging dan pemberdayaan perempuan.


Sumber: TVRI