RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Semangat Bandung Perkuat Kolaborasi Tingkat Global Sektor Air

Semangat Bandung Perkuat Kolaborasi Tingkat Global Sektor Air

22 Mei 2024 05:20 WIB
Semangat Bandung  Perkuat Kolaborasi Tingkat Global Sektor Air
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berbicara pada Forum "The Bandung Spirit Water Summit", di Nusa Dua, Bali, Selasa (21/5/24) (Foto: Humas PUPR)

KBRN, Nusa Dua, Bali: Pertemuan 'The Bandung Spirit Water Summit' di Bali, Selasa (21/5/2024) berlandasan semangat Konferensi Asia Afrika  Bandung pada 1955. The Bandung Spirit Water Summit merupakan rangkaian pertemuan High-Lavel Panel (HLP) pada pelaksanaan WWF-10 di Bali.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Konferensi Asia-Afrika merupakan peristiwa bersejarah yang diadakan pada tahun 1955 di Bandung. Konferensi tersebut menghasilkan 10 prinsip dalam memajukan perdamaian fan solidaritas antarnegara Asia Pasifik dan Afrika.

Pemerintah Indonesia meyakini  semangat KTT Asia Afrika, 'Bandung Spirit' ini masih sangat relevan diselenggarakan. Terutama untuk memperkuat kolaborasi di tingkat global dalam melindungi sumber daya air.

"Kita sudah mulai mempersiapkan peringatan Bandung Spirit ke-70 tahun 2025 mendatang, para pemangku kepentingan akan bersama-sama membahas isu-isu," kata Menteri Basuki usai pertemuan The Bandung Spirit Water Summit, di Nusa Dua, Bali, Selasa (21/5/2024).

Menurut dia, pembahasan dan isu-isu penting yg dibahas di antaranya perdamaian dan stabilitas regional, ekonomi dan pasar global, krisis pangan. Serta juga energi, perubahan iklim, dan manajemen krisis seperti pandemi dan bencana besar, dan solusinya melalui air," ujar Basuki.

Dengan semangat KTT Asia Afrika tersebut, sekaligus sebagai tindak lanjut dari UN Water Konferensi, Basuki mengatakan bahwa Indonesia menginisiasi  pembentukan Center of Excellence on Water and Climate Resilience, penetapan Hari Danau Dunia.

Inisiasi tersebut melalui resolusi Majelis Umum PBB dan pengarusutamaan Pengelolaan SDA Terpadu atau Integrated Water Resources Management (IWRM). Khususnya di pulau-pulau kecil di Kawasan Asia Pasifik dan Afrika.

"Di bawah naungan Center of Excellence, juga disiapkan Pusat Teknologi Sabo, pusat pelatihan tingkat regional untuk hidrologi. Serta pusat pelatihan meteorologi tingkat regional akan memperluas layanannya yang mencakup Asia, Afrika, dan negara-negara Pasifik.

Selanjutnya juga pengelolaan danau berkelanjutan, pengelolaan air terpadu untuk pulau-pulau kecil, sanitasi. Inovasi pembiayaan, dan aksi untuk generasi muda," kata Menteri Basuki.

Presiden World Water Council (WWC) Loic Fauchon mengatakan, Forum High-Lavel Panel 15 The Bandung Spirit Water Summit mengangkat tema "A new political corridor to achieve Sustainable Development Goal (SDGs) through water", sehingga diperlukan kerja sama dan kolaborasi.

"Dengan memperkuat kerja sama kita yang didasarkan pada Bandung Spirit, kita bisa mencapai akses air bagi semua. Kita harus bekerjasama sebagai pejuang air, dan kita harus bisa mendukung semangat para pejuang terdahulu," kata Loic Fauchon.

Pewarta: Nurana Diah Dayanti
Editor: Heri Firmansyah
Sumber: RRI