RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Basuki: Kolaborasi Jadi Kunci Keberhasilan Pengelolaan Wilayah Sungai

Basuki: Kolaborasi Jadi Kunci Keberhasilan Pengelolaan Wilayah Sungai

22 Mei 2024 18:00 WIB
Basuki: Kolaborasi Jadi Kunci Keberhasilan Pengelolaan Wilayah Sungai
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan) dan Presiden World Water Council Loic Fauchon (kiri) menyampaikan paparan dalam agenda Adoption Ministerial Declaration and Closing Remarks Pertemuan Tingkat Menteri World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali, Selasa (21/5/2024). Media Center World Water Forum 2024 (Foto: Istimewa)

KBRN, Denpasar: Kolaborasi merupakan kunci keberhasilan pengelolaan wilayah sungai Citarum dalam Basin Segment Day di rangkaian World Water Forum Ke-10, Rabu (22/5/2024). Hal ini ditekankan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

“Kerja sama menjadi sangat penting dalam memastikan kesesuaian air yang saling terhubung dan mendorong kolaborasi untuk menghindari konflik dan meningkatkan manfaat. Tata kelola air kita memanfaatkan potensi pendekatan kolektif demi kepentingan bersama,” kata Basuki.

Basuki menyatakan, tiga prinsip dasar yang dapat dihidupkan dalam kolaborasi. Yakni menghindari persaingan, mengutamakan kerja sama yang berkualitas dan inklusif serta dukungan yang saling menguntungkan.

“Di Indonesia, kolaborasi telah menjadi kunci keberhasilan sejak 2015 dalam program restorasi Sungai Citarum secara komprehensif. Serta pemasangan panel surya terapung di Cirata yang merupakan terbesar di Asia Tenggara dan terbesar ketiga di dunia,” katanya.

Basuki juga menyatakan, Basin Segment Day menjadi platform berbagi praktik dan pengalaman guna mengadvokasi kebutuhan terbaik dan spesifik serta membina jaringan. Termasuk pengembangan sistem informasi kerja sama dan integrasi keamanan ekologis dalam pendekatan demi pengelolaan yang lebih baik. 

Basin Segment Day adalah segmen politik tingkat tinggi World Water Forum yang membahas wilayah sungai. Serta upaya peningkatan promosi pendekatan operasional terhadap Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu di tingkat daerah aliran sungai. 


Pewarta: Allan
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI