RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Mendagri: Penerapan Iklim Kompetitif Bisa Tangani Persoalan Air

Mendagri: Penerapan Iklim Kompetitif Bisa Tangani Persoalan Air

22 Mei 2024 22:30 WIB
Mendagri: Penerapan Iklim Kompetitif Bisa Tangani Persoalan Air
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian (tengah) usai menghadiri Session Local and Regional Government Forum dalam rangkaian World Water Forum (WWF) ke 10 di Bali, Rabu (22/5/2024) (Foto: RRI/Alfreds Tuter)

KBRN, Badung: Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyebutkan bakal membuat iklim yang kompetitif dalam menghadapi persoalan air di dalam negeri. Mengingat persoalan akses air bersih dan minum banyak ditangani langsung oleh daerah.

"Dari pak Menteri PUPR memberikan saran. Ini kan menggunakan prinsip semi otonomi daerah termasuk air ini ditangani oleh daerah, seperti air minum oleh kabupaten dan kota bukan Nasional," ucapnya usai menghadiri Session Local and Regional Government Forum dalam rangkaian World Water Forum (WWF) ke 10 di Bali, Rabu (22/5/2024).

Tito mengatakan, dengan iklim yang kompetitif maka daerah akan berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dalam pengelolaan air. Artinya pemerintah bakal memberikan penghargaan kepada daerah yang berhasil.

Sementara teguran bagi daerah yang tidak maksimal. Adpaun biasanya penghargaan yang diberikan pemerintah berupa tambahan dana insentif fiskal seperti yang dilakukan pada penanganan inflasi daerah.

Lebih lanjut Tito menyebutkan bakal segera mengusulkan ide ini. Adapun menurut dia alokasi dana insentif fiskal yang nantinya disiapkan sebesar Rp10 Milyar.

Pewarta: Alfreds Tuter
Editor: Cecep Jaiddin
Sumber: RRI