RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Indonesia-Finlandia Jajaki Pembangunan 'Smart City' IKN

Indonesia-Finlandia Jajaki Pembangunan 'Smart City' IKN

23 Mei 2024 02:30 WIB
Indonesia-Finlandia Jajaki Pembangunan 'Smart City' IKN
Menteri PUPR( kanan) bersama Menteri Kerja Sama Pembangunan dan Perdagangan Luar Negeri Finlandia Ville Tavio Kementerian PUPR- Finlandia Kerja Sama untuk IKN ( foto: pupr)

KBRN, Nusa Dua, Bali: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjajaki kerja sama  dengan Finlandia dalam pembangunan Smart City di Ibu Kota Negara (IKN). Hal tersebut dikatakan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada wartawan usai menghadiri pertemuan bilateral dengan Menteri Perekonomian Finlandia, di Nusadua Bali, Rabu (22/5/2024).

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menteri Perekonomian Finlandia Wille Rydman pada Januari 2024 silam. Dalam pertemuan ini dilakukan diskusi lanjutan yang membahas potensi kerja sama tersebut, terutama pemanfaatan teknologi dan enegi terbarukan.

Guna mewujudkan visi IKN sebagai smart-forest city, salah satu teknologi yang akan diimplementasikan adalah smart intelligent sign untuk Tol Balikpapan-IKN. "Kita akan melakukan pilot project untuk sistem tol ini di Tol Balikpapan-IKN," kata Menteri Basuki.

Ia menambahkan, Kementerian PUPR telah merencanakan mengimplementasikan  smart system di IKN. Kementerian PUPR juga mempertimbangkan advis smart building system dari Finlandia.

Sementara, Menteri Kerja Sama Pembangunan dan Perdagangan Luar Negeri Finlandia Ville Tavio menyatakan senang menjadi bagian dari pembangunan IKN. "Saya harap melalui pertemuan ini kita bisa mempererat kolaborasi di masa depan," ujarnya.

Pewarta: Nurana Diah Dayanti
Editor: Heri Firmansyah
Sumber: RRI