TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Indonesia Serukan Kesetaraan Akses Air Bersih di Pulau-Pulau Kecil

Indonesia Serukan Kesetaraan Akses Air Bersih di Pulau-Pulau Kecil

23 Mei 2024 10:18 WIB
Indonesia Serukan Kesetaraan Akses Air Bersih di Pulau-Pulau Kecil

TVRINews, Nusa Dua

Pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh dunia berhak mendapatkan akses atau fasilitas air bersih. Komitmen bersama ini dibahas dalam diskusi High Level Panel 12 World Water Forum ke-10 dengan topik ‘Integrated Water Resources Management on Small Islands.’

Menteri Luar Negeri Pahala Mansury mengatakan, Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan akses air bersih merata di seluruh pulau, termasuk di pulau-pulau kecil. 

Kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah menjadi kunci tercapainya tujuan aksesibilitas air bersih di pulau-pulau kecil.  

Baca Juga: Indonesia Luncurkan International Tropical Seaweed Research Center di Bali

“Melalui World Water Forum ke-10 ini, Pemerintah Indonesia dan perwakilan delegasi dari negara yang hadir mempunyai komitmen dalam mendorong pemerataan akses air bersih untuk pulau kecil,” kata Pahala, dikutip Kamis, 23 Mei 2024.

Sementara itu, Chief Financial Officer of the Water and Energy Company the Island of Bonaire, Joanne Balentien mengatakan bahwa Bonaire merupakan negara kepulauan yang sangat peduli terhadap akses air bersih. 

Kehadiran World Water Forum ke-10 diharapkan memberikan langkah nyata pada keberlangsungan sumber daya air di pulau kecil. 

Baca Juga: World Water Forum Ke-10 di Bali, Menteri Basuki Tekankan Kolaborasi sebagai Kunci Pengelolaan Wilayah Sungai

“World Water Forum ke-10 ini menjadi sarana bersinergi di mana kita bisa saling bertukar pengalaman dan wawasan terkait air. Pemerintah Bonaire sendiri memastikan pemasangan pipa merata agar penduduk yang tinggal merasa aman dan bebas memakai dan mengkonsumsi air bersih,” ucapnya.

Sebagai informasi, forum air dunia yang digelar di Bali ini berfokus pada empat hal, yakni konservasi air (water conservation), air bersih dan sanitasi (clean water and sanitation), ketahanan pangan dan energi (food and energy security), serta mitigasi bencana alam (mitigation of natural disasters).


Sumber: TVRI