RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Menparekraf Sebut Pentingnya Keterlibatan Swasta Dalam Pengelolaan Air

Menparekraf Sebut Pentingnya Keterlibatan Swasta Dalam Pengelolaan Air

23 Mei 2024 14:20 WIB
Menparekraf Sebut Pentingnya Keterlibatan Swasta Dalam Pengelolaan Air
Menparekraf Sandiaga Uno saat berbicara dalam "10th World Water Forum-High Level Panel 'The Role of the Private Sector in Meeting Goals of SDG6" di Bali Nusa Dua Convention Centre, Rabu (22/5/2024). (Foto: Dok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

KBRN, Jakarta: Keterlibatan pihak swasta dalam pengelolaan sumber daya air merupakan hal yang penting untuk menciptakan pariwisata yang berkualitas. Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. 

“Bagaimana semua fasilitas pariwisata dan ekonomi kreatif harus mengadopsi prinsip-prinsip untuk pengelolaan air dengan bijaksana. Khususnya mengelola air untuk masa depan,” kata Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan pers, Kamis (23/5/2024). 

Dalam hal ini, Sandi mengatakan pemerintah Indonesia tidak dapat bekerja sendiri. Menurut Sandi, hal tersebut sangat dibutuhkan kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak terutama pihak swasta. 

“Tidak hanya untuk menanamkan investasi tapi juga menghadirkan inovasi dan adaptasi. Tidak hanya mencari profit semata tapi berkolaborasi untuk menghadirkan hak-hak asasi manusia terhadap air bersih dan sanitasi serta higenitas,” ujar Sandi.

Oleh karena itu, pemerintah terus mendorong regulasi keterlibatan sektor swasta di pengelolaan air terutama di sektor pariwisata. Seperti dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang dihadirkan di Bali yakni KEK Kura Kura dan KEK Sanur. 

“Kedua KEK tersebut, selain menawarkan berbagai kemudahan dalam investasi. Kita juga berfokus pada investasi yang mendukung terciptanya pembangunan berkelanjutan,” kata Sandi. 

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Mosita
Sumber: RRI