RRI

PUPR Sebut Danau sebagai Ekosistem yang Unik

24 Mei 2024 03:10 WIB
PUPR Sebut Danau sebagai Ekosistem yang Unik
Juru bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja memberi keterangan kepada wartawan, di sela-sela World Water Forum (WWF) ke-10 di Media Center, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kamis (23/5/2024). (Foto: RRI/Alfreds Tuter)

KBRN, Nusa Dua, Bali: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut danau merupakan ekosistem yang unik. Artinya, ekosistem yang bukan hanya bermanfaat bagi manusia, tetapi juga berbagai keanekaragaman hayati.

"Danau ekosistem unik. Bukan hanya untuk manusia tapi berbagai biodiversity," kata Juru bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, dalam konferensi pers World Water Forum (WWF) ke-10 di Nusa Dua, Bali, Kamis (23/5/2024).

Endra menjelaskan, danau berfungsi sebagai keamanan air suatu negara. Artinya, ketika musim hujan turun danau dapat menjadi salah satu medium yang mencegah bencana banjir. 

Sebaliknya ketika musim kemarau tiba, maka kebutuhan akan air bisa dipasok melalui danau. Untuk itulah, hingga kini pemerintah terus membangun bendungan yang biayanya tak sedikit.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia mengusulkan agar ditetapkannya World Lake Day atau Hari Danau Dunia. Usulan itu diajukan dalam World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

Pewarta: Alfreds Tuter
Editor: Heri Firmansyah
Sumber: RRI