TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pemerintah Akan Siagakan Faskes Upacara HUT RI Di IKN

Pemerintah Akan Siagakan Faskes Upacara HUT RI Di IKN

29 Juli 2024 14:46 WIB
Pemerintah Akan Siagakan Faskes Upacara HUT RI Di IKN

TVRINews, Sepaku IKN

Pemerintah akan siagakan fasiltas untuk pelayanan kesehatan jelang upacara perdana HUT RI ke 79 di Ibu Kota Nusantara pada 17 Agustus mendatang. Sejumlah persiapan mulai dari pemantapan situasi higienis lingkungan dan sistem akomodasi konsumsi peserta upacara mulai dilakukan penyesuaian.

Direktur Pelayanan Dasar Otorita Ibu Kota Nusantara Suwito menyebut bahwa langkah awal yang akan dilakukan jelang momentum tersebut yakni pengamanan kondisi lingkungan kawasan upacara di Istana Presiden dan lokasi hunian peserta upacara dengan tujuan agar tidak ada gangguan yang menyebabkan penularan penyakit selama jelang persiapan.

“Tak hanya kondisi lingkungan serta fasilitas kesehatan, Pemerintah juga akan mengatur sirkulasi dan suplay makan minum bagi peserta upacara juga terjamin kehigienisannya.” Kata Suwito, Senin, 29 Juli 2024.

Baca Juga: OIKN Lakukan Studi Analisis Pendidikan Di Wilayah Sekitar IKN

Untuk fasilitas kesehatan sendiri Pemerintah mulai menyiapkan dan menyiagakan sejumlah Faskes Umum lainnya seperti Puskesmas dan Rumah Sakit Umum terdekat yang ada disekitar kawasan Kecamatan Sepaku dan Kecamatan Samboja Kutai Kartanegara.

“Bahkan tak hanya Rumah Sakit terdekat, Rumah Sakit yang berada dikawasan mitra Ikn seperti yang ada di Kota Balikpapan Dan Kota Samarinda pun turut disiagakan.” Ujarnya .

“Bahkan sistem klinik berbentuk instalasi gawat darurat Portable atau keliling juga akan disiagakan dilokasi upacara, dimana personil dan perangkatnya akan disediakan langsung oleh Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kaltim.” Tambahnya.

Secara umum Pelayanan Kesehatan selama jelang dan Hari H peringatan HUT RI perdana di IKN ditegaskan akan dibawah komando langsung Sekretariat Negara.

Saat ini Pemerintah melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim bersama OIKN tengah menggelar rapat koordinasi di Rumah Sakit Umum Daerah Kanudjoso Kota Balikpapan. Nantinya hasil rapat tersebut akan digelar survey lokasi dimana titik titik faskes yang akan dijadikan lokasi siaga pelayanan kesehatan.


Sumber: TVRI