TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pekan Ini Air Bersih KIPP IKN Akan Teraliri Air Bersih

Pekan Ini Air Bersih KIPP IKN Akan Teraliri Air Bersih

16 Juli 2024 15:52 WIB
Pekan Ini Air Bersih KIPP IKN Akan Teraliri Air Bersih

TVRINews, Sepaku IKN

Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara mengumumkan pasokan air bersih di Ibu Kota Nusantara akan mengalir pekan ini,  kepastian ini pasca pihak PUPR sukses melakukan uji coba air bersih pada pekan lalu dan siap dilakukan pengaliran kesejumlah titik di kawasan inti Pusat Pemerintahan termasuk Istana Negara di IKN.

Kabar Baik atas uji tes aliran air bersih ke ikn ini sukses dilakukan diterima setelah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan bahwa Proses Commissioning atau uji coba air bersih sudah dimulai sejak Rabu, 10 Juli 2024 pekan lalu.

Dijelaskan bahwa uji coba jaringan air sedang memasuki tahap 1 berupa Dry Test atau Running Test Mekanikal dan Elektrikal di instalasi pengolahan air Sepaku.
Commissioning Test  tahap 1 adalah langkah awal untuk memastikan air bersih mengalir di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Sementara itu Perusahaan Umum Air Minum Daerah Danum Taka Milik Pemkab Penajam Paser Utara saat ini juga turut memberikan dukungan suplay air bersih dalam mendukung kesiapan upacara HUT RI di IKN.

“Dari hasil uji coba awal Commissioning Test tahap 1 dinyatakan sukses dimana hal ini ditandai dengan beroperasinya pompa sentrifugal yang berfungsi mendorong air dari IPA ke KIPP.” Kata Abdul Rasyid Direktur Perumda Danum Taka PPU, Selasa, 16 Juli 2024

PDAM PPU nantinya akan ditugaskan Kementerian PUPR untuk menyalurkan air bersih dengan sistem instalasi pipa yang sudah eksisting ke titik-titik seperti hunian ASN dan sejumlah titik bangunan pendukung Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN.

Sebelumnya pada kunjungan terkahir Presiden RI Joko Widodo menekankan bahwa pemindahan Ibu Kota juga bergantung pada ketersediaan air bersih disejumlah kantor kantor Pemerintahan dan termasuk Istana Negara.

untuk mengejar hal tersebut PUPR pun terus melakukan percepatan penyediaan air bersih salah satunya pengerjaan sistem IPA.

Baca Juga: BNNP Kaltim Tangkap 3 Pelaku Peredaran Ganja, Barang Bukti Dimusnahkan 


Sumber: TVRI