TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kementerian PUPR Beberkan Progres Kesiapan Infrastruktur IKN Jelang HUT RI

Kementerian PUPR Beberkan Progres Kesiapan Infrastruktur IKN Jelang HUT RI

11 Juli 2024 17:24 WIB
Kementerian PUPR Beberkan Progres Kesiapan Infrastruktur IKN Jelang HUT RI

TVRINews, Jakarta

Satgas Perencanaan Pembangunan IKN menjelaskan kesiapan infrastruktur menjelang upacara 17 Agustus. Lapangan upacara untuk HUT ke-79 RI disebut sudah siap dipakai.

Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Imam S Ernawi menerangkan, target 17 Agustus bukan berarti bangunan 100 persen rampung. Namun dia mengatakan beberapa bangunan bisa difungsikan di HUT RI.

Baca Juga: Sekjen PAN: Ridwan Kamil Tak Tertandingi di Jabar, Kalau di Jakarta Cukup Berat

"17 Agustus bukan berarti bangunan selesai di 17 Agustus, tapi ini fungsional bisa dilakukan untuk kegiatan 17 Agustus. Kita fungsikan ruang mana yang fungsional, yang memang akan dilakukan untuk 17 Agustus. Di depan Istana ada 4 blok itu tempatnya kemenko di depan Istana. Di sebelah atas Istana, ada 3 blok itu untuk Kemensetneg," kata Imam dalam paparannya melalui zoom meeting, Kamis, 11 Juli 2024.

"Istana Negara nanti akhir Juli. Itu yang saya sebut tadi sebagian besar ruangannya itu akan fungsional, upacara sudah bisa dilakukan, podium sudah, dan siap untuk upacara. Kapasitasnya untuk lapangan upacara 8.000-an, tapi untuk tamu itu yang mengatur Kemensetneg," ucapnya.

Imam mengungkapkan kantor Presiden masih dalam tahap pembangunan. Ia menyebut bulan ini menjadi ajang uji coba.

"Juli ini adalah bulan yang kita sebut bulan uji coba supaya Agustus itu bersih. Dulu kita katakan Juni yang sifatnya infrastruktur yang dipentingkan untuk 17 Agustus itu selesai. Lalu kita bicara uji coba di bulan Juli," ungkapnya.

Imam pun menambahkan soal progres pembangunan empat blok gedung kemenko untuk difungsikan saat 17 Agustus. Setiap blok, memiliki empat tower yang konsepnya share office.

Imam mengatakan blok kemenko pertama sudah bisa difungsikan dengan kapasitas 519 ASN. Menurutnya, pembangunan blok kemenko dan Kemensetneg salah satu yang ditargetkan untuk 17 Agustus.

"Empat tower Juli ini akan fungsional, kapasitasnya itu 519 ASN bisa berkantor di situ. Karena belum semua lantai selesai, yang kita selesaikan tower pertama 3 lantai, tower dua 3 lantai, tower tiga 3 lantai, tower empat 3 lantai, sampai Juli kita siapkan," ujarnya.

Adapun pada blok kemenko yang kedua baru satu tower yang bisa difungsikan. Hal itu dikarenakan pembangunannya yang akhir dilakukan.

Imam menuturkan bahwa pada blok kemenko kedua ini terdiri atas empat tower. Lalu di blok kemenko tiga juga akan difungsikan beberapa lantai. Termasuk di blok kemenko yang keempat.

Baca Juga: Mantan Gubernur Jabar HR. Nuriana Dimakamkan di TMP Cikutra

"Karena nanti ngantornya baru September, jadi nanti di September lebih baik, jadi teman-teman bilangnya target ekosistem Agustus. Paling tidak gambaran di Juni total yang fungsional itu tadi ada 2.170-an kapasitas yang sekarang, kalau nanti September pasti akan lebih banyak," tuturnya.

Sementara itu, untuk blok Setneg terdiri atas 3 tower yang baru selesai 4 lantai tiap gedungnya. Untuk sementara ini gedung Setneg di IKN memiliki kapasitas 1.700.

"Empat lantai sudah bisa. Kapasitasnya bisa sampai 1.700-an ASN dari 2.800-an kalau semua sudah terbangun," tandasnya.


Sumber: TVRI