TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Menhub Tinjau Kedatangan Kereta ART, Kendaraan Massal Pertama di IKN

Menhub Tinjau Kedatangan Kereta ART, Kendaraan Massal Pertama di IKN

1 Agustus 2024 11:17 WIB
Menhub Tinjau Kedatangan Kereta ART, Kendaraan Massal Pertama di IKN

TVRINews, Balikpapan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau langsung kedatangan kereta Autonomus Rail Transit (ART) yang akan dioperasikan nantinya di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Bertempat di Kawasan Industri Kariangau (KIK) Balikpapan, kereta listrik dengan tiga gerbong ini akan segera dirakit dan dilakukan uji coba dan pada 17 Agustus mendatang. Kereta ini rencananya akan digunakan sebagai kendaraan antar jemput tamu undangan dalam upacara HUT RI di IKN.

“Kereta dengan tiga gerbong ini akan segera dirakit dan langsung diuji coba dan pada 17 Agustus mendatang akan digunakan sebagai kendaraan antar jemput tamu undangan upacara HUT RI di IKN,” kata Budi, Rabu, 31 Juli 2024.

Lebih lanjut, Budi mengungkapkan bahwa kereta tanpa rel tersebut dapat mengangkut hingga 80 penumpang.

“Kereta listrik tanpa rel ini memiliki keunggulan yakni tanpa menggunakan rel  dan beroprasional dengan marka jalan  bahkan untuk perawatannya juga tergolong murah serta tidak sesulit kereta dengan rel. Selain itu juga memiliki kapasitas hingga 80 orang,” ucap Budi.

Budi menjelaskan saat ini kereta ART telah tiba sebanyak dua unit yang nantinya akan beroprasi di IKN mulai dari Sumbu Barat hingga Timur dan merupakan transportasi massal pertama di IKN.

Baca Juga: Aliran Air di IKN Bisa Langsung Diminum


Sumber: TVRI