TVRI

Aliran Air di IKN Bisa Langsung Diminum

1 Agustus 2024 10:54 WIB
Aliran Air di IKN Bisa Langsung Diminum

TVRINews, Sepaku IKN

Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan uji coba kualitas air di Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku, dimana yang nantinya akan memasok kebutuhan air minum di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Uji coba tersebut merupakan bagian dari Running Test agar SPAM Sepaku siap dimanfaatkan untuk KIPP IKN dalam waktu dekat, termasuk untuk perayaan HUT kemerdekaan ke 79 Republik Indonesia.

Basuki menyebut pihaknya telah berhasil mengalirkan air minum di kawasan IKN dalam laman Media Sosial Kementerian PUPR. Ia juga terlihat langsung meminum air dari instalasi pengolahan air tersebut. Aliran air itu juga dipastikan layak dikonsumsi karena dalam keadaan bersih, sehat dan dapat langsung diminum.  

Sementara itu, Ketua Satgas Pelaksana Pembangunan IKN Kementerian PUPR Danis Sumandilaga menyatakan akan terus melakukan monitoring guna menjamin kualitas air yang dialirkan melalui perpipaan sesuai standar kesehatan.

Bendungan Sepaku Semoi berkapasitas 2.500 liter per detik dan Intake Sungai Sepaku yang berkapasitas 3.000 liter per detik telah selesai dibangun. Bendungan tersebut akan memasok kebutuhan air baku di IKN.

SPAM tersebut terdiri atas Instalasi Pengolahan Air (IPA) berkapasitas sebesar 300 liter per detik, jaringan perpipaan transmisi air minum serta Jaringan Distribusi Utama (JDU) dan Jaringan Distribusi Pembagi (JDP).

Baca Juga: 15 Hektar Lahan Bekas Tambang Emas Disulap Jadi Persawahan


Sumber: TVRI