TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Hari Ini Kereta Tanpa Rel di IKN Akan Mulai Uji Coba

Hari Ini Kereta Tanpa Rel di IKN Akan Mulai Uji Coba

5 Agustus 2024 09:22 WIB
Hari Ini Kereta Tanpa Rel di IKN Akan Mulai Uji Coba

TVRINews, IKN

Kereta tanpa rel atau Autonomous Rail Rapid Transit (ART) yang didatangkan dari Cina, saat ini telah tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal tersebut, diungkapkan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Dimana, kata Budi Karya nantinya ART akan dilakukan uji coba bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Senin, 5 Agustus 2024 hari ini.

Tak hanya itu, lanjut Budi rencananya akan ada pelaksanaan showcase atau unjuk kerja pada Oktober hingga Desember 2024 mendatang.

"Selamat datang trem otonom, ART (Autonomous Rail Transit) di IKN Nusantara. Semoga lancar untuk segera dilakukan uji coba," kata Budi dikutip dari unggahan di instagramnya, Senin, 5 Agustus 2024.

Diketahui, Pemerintah Indonesia akan mendatangkan 3 trainset Autonomous Rail Rapid Transit untuk mobilitas di IKN. Kemudian, 2 untuk operasional dan 1 untuk cadangan. Sehingga, total armada itu, waktu tunggu atau headway ART mencapai 5 menit.

"Rolling stock ada 3 rangkaian, 2 rangkaian yang dioperasikan, 1 sebagai cadangan karena rel yang ada kira-kira 7 km dan kecepatannya kira-kira 40-50 km per jam," ungkap Menhub Budi Karya Sumadi.

Dimana, dua trainset ART ini didatangkan dari Cina yaitu Trem Otonom Norinco (CRRC Zuzhou) dan CRRC Qingdao Sifang.


Sumber: TVRI