TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Sukses Uji Terbang, Sky Taxi Masih Perlu Dikaji Lebih Lanjut

Sukses Uji Terbang, Sky Taxi Masih Perlu Dikaji Lebih Lanjut

6 Agustus 2024 09:51 WIB
Sukses Uji Terbang, Sky Taxi Masih Perlu Dikaji Lebih Lanjut

TVRINews, Penajam Paser Utara

Uji coba taksi terbang (sky taxi) yang rencananya akan menjadi transportasi utama di Ibu Kota Nusantara (IKN) berjalan dengan baik tanpa kendala. 

Penanggung Jawab Rumah Teknologi Nusantara, Andi Ilham mengatakan, uji coba ini masih dalam tahap konsep dan masih perlu dilakukan kajian lebih lanjut terkait beberapa aspek seperti lingkungan, ekonomi, dan sosial. 

“Tentu dalam pengimplementasian ini, perlu mengkaji lebih dalam dari berbagai macam aspek seperti lingkungan, ekonomi, sosial, dan sebagainya,” kata Ilham di Rumah Teknologi Nusantara kepada tvrinews.com, Selasa, 6 Agustus 2024.

Lebih lanjut, sky taxi ditargetkan baru dapat beroperasi secara komersial sekitar enam tahun ke depan.

“Karena target kita untuk mengimplementasikan teknologi tinggi ini seperti sky taxi ini pengoperasiannya masih di atas tahun 2030,” ucap Ilham.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah melakukan uji terbang sky taxi di Bandara APT Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur pada Senin, 29 Juli 2024 lalu.

Adapun penandatanganan nota kesepahaman untuk membangun ekosistem Advanced Air Mobility di Indonesia dilakukan di Bali saat B20 Summit tahun 2022.

“Itu uji coba yang pertama kalinya setelah kita melakukan penandatanganan MoU di tahun 2022,” tutur Ilham.


Sumber: TVRI