TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Rumah Teknologi Nusantara, Tempat Destinasi Asik di IKN

Rumah Teknologi Nusantara, Tempat Destinasi Asik di IKN

6 Agustus 2024 09:46 WIB
Rumah Teknologi Nusantara, Tempat Destinasi Asik di IKN

TVRINews, IKN

Rumah Teknologi Nusantara merupakan salah salah destinasi terkait dengan pengenalan dan pengembangan teknologi yang ada di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Jadi isi dari tumah tekno ini, kita memperkenalkan tentang gambaran umum IKN ke depannya. Juga teknologi-teknologi yang bakal diimplementasikan di Ibu Kota Nusantara,” kata Andi Ilham, Penanggung Jawab Rumah Teknologi Nusantara kepada tvrinews.com, Selasa, 6 Agustus 2024.

Tak hanya itu, di Rumah Teknologi Nusantara nampak ilustrasi tentang ATMS (adventure traffic management system). Dimana, nantinya ATMS akan diterapkan di IKN beberapa tahun mendatang.

“(Salah satu teknologi yang akan terapkan di IKN), yang pasti salah satunya ada sky taxi. Kemudian, yang kedua ada ilustrasi tentang ATMS (adventure traffic management system), yang ketiga juga ada system monitoring energy dan masih banyak lagi sih hampir semuanya menurut saya sih menarik kalau tentang teknologi,” terang dia.

Ilham juga menerangkan, jika Rumah Teknologi Nusantara buka setiap harinya.

“Kalau bukanya (Rumah Teknologi Nusantara) sebenernya Senin sampai Minggu,  tapi kalau weekend kalau ingin di pandu bisa hubungi langsung ke saya. Dan kalau Senin sampai Jumat, saya ready biasa stand by dari jam 8-5 sore,” tuturnya.

Ia menuturkan, jika kedepannya pihaknya akan menambah beberapa koleksi pameran teknologi yang bakal diterapkan di IKN.

“(Saat ini) lagi pengerjaan booth juga kan, ini salah satunya (teknologi) ini dari Jepang. Diia lagi merakit servernya, kemudian nanti rencananya juga ke depan ada lagi booth-booth baru tapi masih di area sekitar rumah teknologi juga,” pungkasnya.

Diketahui, Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menerapkan konsep ‘Nusantara Smart Forest City’ atau ‘Kota Cerdas dalam Hutan’. Dimana, targetnya pada 2045 mendatang dengan nol emisi karbon. 

Sedianya, IKN diharapkan sebagai Kota Cerdas Nusantara yang terdiri dari  Smart Energy system, Smart Building Control, Smart Home Apliances, hingga konsep mobilitas udara masa depan (taxi drone). 

Terlebih, desain artistik dan teknologi interaktif, Rumah Teknologi Nusantara berkonsep studio ini, dibuka untuk umum dan gratis.


Sumber: TVRI