TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Efisiensi Kebutuhan Air Bersih, Pemerintah Bangun Rumah Laundry di Kawasan HPK IKN

Efisiensi Kebutuhan Air Bersih, Pemerintah Bangun Rumah Laundry di Kawasan HPK IKN

6 Agustus 2024 14:18 WIB
Efisiensi Kebutuhan Air Bersih, Pemerintah Bangun Rumah Laundry di Kawasan HPK IKN

TVRINews, Penajam Paser Utara

Ketua Divisi Sosbud Transisi Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) IKN, Wahyu Alfen mengatakan, kebutuhan air bersih di HPK mungkin tidak terpenuhi karena air yang seharusnya digunakan untuk mandi malah dipakai oleh penghuni untuk mencuci pakaian.

“Secara kebutuhan memang saat ini sedang diupayakan dicukupkan karena memang harusnya cukup untuk kebutuhan MCK tapi mungkin tidak cukup karena ada kebutuhan lain yang digunakan, dipakai untuk cuci pakaian,” kata Alfen kepada tvrinews.com di Kawasan IKN, Kalimantan Timur, Selasa, 6 Agustus 2024.

Guna mengantisipasi kurangnya air bersih, lanjut Alfen, pemerintah tengah membangun rumah laundry yang diperuntukan untuk para penghuni HPK.

“Sehingga diupayakan ke depan nanti ada pembuatan rumah laundry jemur untuk mengantisipasi penggunaan kebutuhan air tadi,” ucap Alfen.

Alfen pun mengimbau kepada penghuni HPK untuk memanfaatkan air bersih tersebut hanya untuk kebutuhan mandi dan tidak untuk mencuci pakaian.

“Melalui sosialisasi kepada mereka ke pekerja disampaikan bahwasanya air ini untuk kebutuhan mandi tidak untuk diperuntukkan mencuci sehingga kebutuhannya diharapkan cukup,” ujar Alfen.

Untuk diketahui, air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di HPK berasal dari Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang merupakan bagian dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku.

Air yang diolah tersebut bersumber dari air kolam yang difiltrasi dan nantinya diolah hingga layak digunakan.


Sumber: TVRI