TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Presiden Jokowi akan Kumpulkan Kepala Daerah se-Indonesia di IKN

Presiden Jokowi akan Kumpulkan Kepala Daerah se-Indonesia di IKN

6 Agustus 2024 20:14 WIB
Presiden Jokowi akan Kumpulkan Kepala Daerah se-Indonesia di IKN

TVRINews, Penajam Paser Utara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memanggil bupati/wali kota dan gubernur seluruh Indonesia untuk berkumpul di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 13 Agustus 2024 mendatang.

“Iya, tanggal 13 gubernur dan penjabat gubernur se-Indonesia, termasuk para bupati dan wali kota, dikumpulkan oleh Presiden RI,” kata Kepala Staf Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Selasa, 6 Agustus 2024.

Heru menyampaikan ada pembagian waktu dalam agenda pertemuan kepala daerah itu. Untuk bupati dan wali kota pada pukul 09.00 dan untuk gubernur pada jam 10.00.

Baca Juga: Kemenhub Siap Uji Coba Trem Otonom di IKN

Pertemuan tersebut akan membahas beberap hal, salah satunya mengenai tahapan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 November 2024 mendatang.

“Macam-macam, ada tahapan proses pilkada, wilayah masing-masing harus aman, menjaga netralitas,” ucap Heru.

Lebih lanjut, selama di IKN, seluruh kepala daerah akan menginap di Hotel Nusantara, sedangkan pendamping atau ajudan mereka akan menginap di Balikpapan.

Untuk akomodasi, telah disiapkan sekitar 306 hingga 422 kamar hotel dengan berbagai tingkat bintang. Pengaturan akomodasi ini akan diinformasikan lebih lanjut melalui kantor penghubung masing-masing daerah. 

Setelah pertemuan yang dipimpin oleh Jokowi dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, para kepala daerah akan kembali ke daerah mereka masing-masing. 

Pertemuan ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam rangka memajukan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia.


Sumber: TVRI