TVRI

Rusun ASN di IKN Mulai Rampung Dikerjakan

7 Agustus 2024 09:33 WIB
Rusun ASN di IKN Mulai Rampung Dikerjakan

TVRINews, IKN

Rumah susun (Rusun) merupakan bangunan berbentuk gedung bertingkat yang dibangun untuk menjadi tempat hunian yang menampung banyak orang dan dilengkapi dengan fasilitas bersama. 

Saat ini, Pemerintah Indonesia tengah merancang ibu kota negara baru yakni Ibu Kota Nusantara (IKN), yang berada di Kalimantan Timur. 

Untuk menyiapkan itu semua, pemerintah saat ini tengah membuat rusun untuk aparatur sipil negara (ASN) di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Berdasarkan pantauan tvrinews.com di lokasi, saat ini rusun ASN di IKN sudah ada beberapa yang rampung sekitar 30 persen dan ada beberapa yang sudah rampung 80 persen.

Secara terpisah, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, 14 dari 31 konstruksi rusun ASN akan segera rampung.

Terlebih, ia menargetkan pada HUT ke-79 RI yang jatuh pada 17 Agustus 2024 mendatang. Rusun ASN sudah siap seluruhnya.

“Nanti pada 17 Agustus 2024 sudah siap seluruhnya," ucapnya kutip Rabu, 7 Agustus 2024.

Lebih jauh, Basuki menuturkan saat ini pihaknya tengah dalam tahap penyelesaian penataan furnitur dan pemasangan instalasi listrik dan air di Rusun ASN. Selain itu, nantinya rusun tersebut masing-masing terdiri dari tiga kamar. 

"Luas setiap unitnya mencapai 98 meter persegi, jadi silakan hitung daya tampungnya," pungkasnya.


Sumber: TVRI