TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Menko Hadi Ungkap Perbedaan Istana Negara di IKN dengan Jakarta

Menko Hadi Ungkap Perbedaan Istana Negara di IKN dengan Jakarta

8 Agustus 2024 16:51 WIB
Menko Hadi Ungkap Perbedaan Istana Negara di IKN dengan Jakarta

TVRINews, Penajam Paser Utara

Menteri Koordinator Hukum, Politik, dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto mengatakan, dibangunnya Istana Negara dan Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan suatu kebanggan tersendiri untuk bangsa Indonesia.

Hal itu karena Istana Negara di IKN merupakan karya putra bangsa, tidak seperti istana di Jakarta yang merupakan peninggalan Kolonial.

“Istana di Jakarta adalah peninggalan kolonial, ini (Istana Negara di IKN) adalah peninggalan putra bangsa,” kata Hadi di Istana Negara IKN, Rabu, 7 Agustus 2024.

Lebih lanjut, Hadi menuturkan sejak 79 tahun merdeka baru kali ini Indonesia memiliki Istana Negara yang dibuat oleh anak bangsa sendiri.

“79 tahun kita menunggu untuk bisa memiliki satu istana yang luar biasa ini,” ucap Hadi.

Hadi juga menjelaskan bahwa pembangunan Istana Negara di IKN sudah mencapai 90 persen lebih.

“Ya memang progresnya bagus sekali. Saya ke sini bulan Maret belum seperti ini, sekarang kita lihat sendiri, untuk Istana Negara saja sudah 90 persen ke atas," ujar Hadi.

Selain itu, Hadi mengungkapkan progres pembangunan Istana Garuda yang berada di belakang Istana Negara sudah mencapai 100 persen.

Progres pembangunan juga terjadi pada sejumlah gedung di sekitar Istana Negara, seperti gedung-gedung yang diperuntukkan untuk kementerian koordinator.

“Waktu saya ke sini bulan Maret untuk gedung-gedung menko belum seperti ini. Artinya apa? Adalah progres kecepatan pembangunan di IKN sudah terencana dengan baik,” tutur Hadi.


Sumber: TVRI