TVRI

Kemendikbudristek: GBN Tahun Ini Akan ke IKN

8 Agustus 2024 23:18 WIB
Kemendikbudristek: GBN Tahun Ini Akan ke IKN

TVRINews, Jakarta

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan dalam rangka penguatan karakter generasi muda melalui seni, kembali menyelenggarakan Pergelaran Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) sebagai pendukungan Upacara Peringatan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024.

Narasumber Gita Bahana Nusantara (GBN) 2024 Purwacaraka mengatakan Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia tahun ini berbeda. Sebab, akan digelar pertama kali di Ibu Kota Negara baru Nusantara di Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Baca Juga: Melestarikan Jejak Kolonial, Upaya Pendataan Cagar Budaya di Makassar

Purwacakra juga menambahkan bahwa  GBN memadukan musik Sape dari Kalimantan Barat (Kalbar) dan musik Zapin dari Melayu untuk merayakan kemerdekaan Indonesia tahun ini.

“Oleh karena itu kita memadukan musik Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan, ada dua sisi Kalimantan, Barat dengan Sape-nya, kemudian di Selatan itu kan sedikit dipengaruhi instrumen Zapin dari Melayu, tetapi kita juga memadukan musik-musik Nusantara seperti Talempong dari Sumatera Barat dan lainnya," kata Purwacakra saat ditanya oleh awak media melalui konferensi pers di Kinasih Resort Cibinong, Depok, Jawa Barat, Kamis, 8 Agustus 2024.

Tak hanya itu, Pelatih Orkestra alat tiup Nino Ario Wijaya menjelaskan GBN dapat memupuk kedisiplinan para peserta dan membangun karakter mereka.

Baca Juga: Kemendikbudristek Kembali Selenggarakan GBN 2024: Ada 191 yang Terpilih 

“Musik itu orang berkomunikasi dan dalam musik kedisiplinan itu sangat berdampak positif, apalagi GBN ini menyatukan anak-anak muda dari seluruh Nusantara,"jelas Nino.

“GBN dengan kedisiplinan waktu,pembangunan karakter, mengajarkan kita semua rendah hati dan bisa saling memahami," tuturnya.


Sumber: TVRI