TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Polda Metro Jaya Terjunkan 783 Personel Amankan Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi di Monas

Polda Metro Jaya Terjunkan 783 Personel Amankan Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi di Monas

10 Agustus 2024 09:59 WIB
Polda Metro Jaya Terjunkan 783 Personel Amankan Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi di Monas

TVRINews, Jakarta

Polda Metro Jaya menerjunkan ratusan personel untuk mengamankan Kirab Bendera Merah-Putih dan Teks Proklamasi dari Monumen Nasional (Monas), menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari ini, Sabtu, 10 Agustus 2024.

“Total personel yang akan diterjunkan dari Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Pusat ada 783 personel,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi saat dihubungi awak media, Jakarta, Sabtu.

Diketahui, Sekretariat Presiden (Setpres) bakal menggelar Kirab Bendera Pusaka Merah-Putih dan teks proklamasi yang akan digelar dari Monumen Nasional Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN), pada hari ini, Sabtu, 10 Agustus 2024 sekira pukul 08.00 WIB.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana menerangkan alasan tahun 2024 ini peringatan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 yang akan dilaksanakan di dua lokasi. 

"Karena masih dalam masa transisi pemindahan ibu kota," kata Yusuf Permana kutip Sabtu

Nantinya, pada proses kirab ini bakal diawali dengan penyerahan duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi yang diwakili oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Tim Purna Paskibraka.

Selanjutnya, Kachina Ozora dari Kalimantan Tengah, Tim Purna Paskibraka 2023 yang memiliki tugas sebagai pembawa bendera Merah Putih. Disisi lain, Keyla Azzahra Purnama dari Sumatra Selatan memiliki tugas sebagai pembawa teks proklamasi. Dimana, nantinya bendera dan teks proklamasi tersebut akan dibawa menggunakan kendaraan taktis (Rantis) ‘Maung’ dan iring-iringan dari Paskibraka DKI Jakarta, pasukan berkuda, hingga marching band.

"Jika tahun-tahun sebelumnya, bendera Merah Putih dan teks proklamasi dibawa dari Monas langsung ke Istana Merdeka. Tahun ini prosesi kirabnya menjadi lebih panjang, Dari Monas, iring-iringan tersebut akan menuju Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang. Hingga Bandara Halim Perdanakusuma. Lalu diterbangkan ke IKN menggunakan pesawat Boeing TNI AU," terang dia. 
Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, bendera dan teks proklamasi akan dibawa ke IKN. Dan Purna Paskibraka 2023 yang bertugas membawa bendera Merah Putih yakni Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Banten. 

"Adapun yang bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Lilly Wenda dari Papua Pegunungan. Prosesi ini merupakan sejarah karena untuk pertama kalinya bendera Merah Putih dan teks proklamasi dikirab ke IKN," ucap Yusuf. 

Ia mengatakan, prosesi kirab ini tidak hanya menjadi simbol penghormatan terhadap sejarah dan perjuangan bangsa. Juga menggambarkan tekad untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kirab ini juga merupakan simbol kebersamaan dan sinergi antara DKI Jakarta dan Ibu Kota Nusantara," ucapnya. 

"Nantinya, bendera tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Paskibraka. Dan akan dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang," ujarnya.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Ungkap Kasus Importasi Ilegal, Pangan, Kesehatan dan Perlindungan Konsumen


Sumber: TVRI