TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Tiba di IKN, Sudah Siap Dikibarkan untuk HUT ke-79 RI

Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Tiba di IKN, Sudah Siap Dikibarkan untuk HUT ke-79 RI

10 Agustus 2024 18:27 WIB
Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Tiba di IKN, Sudah Siap Dikibarkan untuk HUT ke-79 RI

TVRINews, Penajam Paser Utara

Duplikat bendera Pusaka dan teks proklamasi telah tiba Ibu Kota Nusantara (IKN) Bendera siap dikibarkan pada HUT ke-79 RI, pada 17 Agustus mendatang.

Menurut pantauan dilokasi sekitar pukul 15.57  Wita, kirab bendera duplikat Merah Putih dan teks naskah proklamasi telah memasuki kawasan inti pusat pemerintahan, sekitar Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Terkait dengan kirab ini, bendera dibawa ke Plaza Istana negara dan selanjutnya menuju ruang bendera melewati jajar kehormatan yang terdapat 38 Purna Paskibraka nasional tahun 2023. Mereka bertugas menyambut bendera Pusaka Merah Putih dan teks proklamasi, serta pasukan kehormatan yang terdiri dari pasukan Paspampres.

Setelah melewati selasar barat di koridor utama, Purna Paskibraka 2023, Kachina Ozora, yang membawa duplikat sang Merah Putih, dan Keyla Azzahra, yang membawa teks proklamasi, memberikan bendera dan teks proklamasi kepada ajudan wakil presiden.

Kemudian ajudan wakil presiden mengambil dan menyerahkan bendera duplikat sang Merah Putih dan teks proklamasi kepada Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.

Prosesi ini merupakan pertama kali dalam sejarah. Karena untuk pertama kalinya bendera Merah Putih dan teks proklamasi diboyong keluar dari DKI Jakarta dan dikirab ke IKN.

Prosesi kirab ini tidak hanya menjadi simbol penghormatan terhadap sejarah dan perjuangan bangsa, tetapi juga menggambarkan tekad untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Sebagaimana diketahui, kirab merah putih dan teks proklamasi merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 kemerdekaan Republik Indonesia. Kirab bendera Merah Putih dan teks proklamasi akan dikirimkan langsung dari Monas ke IKN.


Sumber: TVRI