TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • KLHK: Mentawir di IKN Libatkan Dana Senilai Rp330 M

KLHK: Mentawir di IKN Libatkan Dana Senilai Rp330 M

12 Agustus 2024 22:45 WIB
KLHK: Mentawir di IKN Libatkan Dana Senilai Rp330 M

TVRINews, Jakarta

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan bahwa mentawir di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur yang melibatkan dana sebesar Rp330 miliar untuk memproduksi bibit tanaman.

“Seluruh dananya 330an miliar dana dari PU nya 140an miliar sisanya partisipasi dunia usaha, jadi konsepnya public private partnership tetapi kita terima barangnya, jadi bangunannya,”kata Siti saat menjelaskan di Sidang Kabinet di IKN, Senin, 12 Agustus 2024. 

Siti juga menjelaskan kementerian berperan sebagai support dalam proyek tersebut, dengan fokus memproduksi bibit tanaman untuk IKN hijau khususnya Kalimantan.

Tahun 2024 ini, produksi bibit 16 juta tanaman pertahun, kemarin sudah dihasilkan enam juta lebih sudah terdistribusi hampir empat juta. Namun, sekarang kementerian LHK tugasnya sebagai penopang PUPR dan otorita. Sehingga, sekarang juga sedang menanam terus menerus.

“Konsepnya adalah mengembalikan hutan tropis kalimantan, tetapi sambil mengangkat kembali ekosistem burung2 sehingga ada pohon buah-buahan juga. Kemudian juga ada banyak tanaman hias juga macam macam, ada tabebuya, ada macam macam,”ucapnya.


Sumber: TVRI