TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Hadiri SKP di IKN, PANRB: Bukan Hanya Pemindahan ASN Tapi Juga Cara Kerjanya

Hadiri SKP di IKN, PANRB: Bukan Hanya Pemindahan ASN Tapi Juga Cara Kerjanya

12 Agustus 2024 22:31 WIB
Hadiri SKP di IKN, PANRB: Bukan Hanya Pemindahan ASN Tapi Juga Cara Kerjanya

TVRINews, Kalimantan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menghadiri Sidang Kabinet Paripurna (SKP) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Senin, 12 Agustus 2024.

Sidang Kabinet Paripurna dipimpin Presiden RI Joko Widodo, dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin serta para menteri dan kepala lembaga dari Kabinet Indonesia Maju.

Menteri Anas mengatakan bahwa mendapatkan tugas bagaimana pemindahan ASN. Serta menteri terlebih dahulu yang pindah dan ada menteri yang masih tetap di Jakarta. Deputi yang terkait langsung dengan fungsi-fungsi pemerintahan secara minimal.

“Kami atas saran dari bapak Presiden telah melakukan rapat secara detail dengan para Sekjen di Kementerian Lembaga. Berbagai skenario by name by address telah kami siapkan tentunya kami menyesuaikan dengan hunian yang disiapkan di IKN ini. Dari Hunian yang disiapkan Insya Allah sampai Oktober akan selesai 47 Tower sebagian ini 12 Tower untuk TNI Polri, sebagian untuk ASN,” kata Anas dalam keterangan resmi Kementerian PAN RB di IKN, Senin, 12 Agustus 2024.

“Kami juga telah membuat skenario tadinya kalau sharing berapa, kalau tidak sharing di bulan Oktober akan bisa pindah 3200 ASN, tapi kalau tidak sharing ada 1700-an,” tambahnya.

Lebih lanjut, Anas menyampaikan arahan Presiden Jokowi dari Ratas terbaru bagi mereka yang sudah menikah tidak lagi berbagi di apartemen, yang dimana supaya ada fokus dari seluruh ASN yang akan pindah ke IKN ini. 

Tak hanya itu, ada 4 juta pendaftar dari total 600 ribu, yang akan di Kalimantan mendaftar ada 100 ribu putra-putri Kalimantan tidak bersaing dengan 4 juta tersebut.

Tetapi, bersaing dengan yang 100 ribu di Kalimantan sebagai bentuk afirmasi pemerintah terhadap putra-putri Kalimantan terbaik. 

“Izin kami sekarang di bulan Agustus akan membuka lowongan, membuka pengumuman CASN dari total 600 ribu ada 60.000 formasi untuk IKN dengan seleksi amat sangat ketat dengan talenta digital multitasking,” ucapnya.

“Sehingga teman-teman, pindahan IKN menurut bapak Presiden bukan hanya pemindahan ASN ke ibu kota tapi juga akan memindahkan cara kerjanya,” tuturnya.


Sumber: TVRI