TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Jokowi Sebut Pembentukkan IKN Adalah Bukti Indonesia Bisa Bangun Ibu Kota Sesuai Desainnya Sendiri

Jokowi Sebut Pembentukkan IKN Adalah Bukti Indonesia Bisa Bangun Ibu Kota Sesuai Desainnya Sendiri

13 Agustus 2024 13:06 WIB
Jokowi Sebut Pembentukkan IKN Adalah Bukti Indonesia Bisa Bangun Ibu Kota Sesuai Desainnya Sendiri

TVRINews, Kabupaten Penajam Paser Utara

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pembentukkan Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan pembuktian bahwa Indonesia bisa membangun ibu kota sesuai dengan desainnya sendiri.

"Kita ingin menunjukkan bahwa kita punya kemampuan untuk juga membangun ibu kota sesuai dengan keinginan kita sesuai dengan desain kita," kata Jokowi di Istana Garuda, IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa, 13 Agustus 2024.

Meski demikian, Kepala Negara mengakui pengerjaan IKN masih membutuhkan waktu yang panjang, mencapai 10-15 tahun. Ia menegaskan yang ada saat ini belum selesai.

"Tetapi memang maih memerlukan waktu yang panjang dimulai dua tahun yang lalu 2021/22 akan selesai kira-kira 10-15 tahun akan datang, masih panjang," ujar Jokowi.

Orang Nomor Satu di Indonesia tersebut menuturkan Istana Negara dan Istana Kepresidenan yang ditinggalkan saat ini merupakan peninggalan dari pemerintahan zaman Kolonial Hindia-Belanda.

"Jadi kalau Istana kita yang ada di Jakarta, yang ada di Bogor itu adalah istana bekas kolonial yang dulunya dihuni. Istana Negara itu dihuni oleh Gubernur Jenderal Pieter Gerardus van Overstraten," ucap Jokowi.

"Kemudian Istana Merdeka saya juga kaget, Istana Negara dan Istana Merdeka itu berbeda, Istana Merdeka dihuni oleh Gubernur Jenderal Johan Wilhelm van Lansberge. Kemudian di Bogor juga ada Gubernur Jendral lagi, Gubernur Jendral Gustaaf Willem baron van Imhoff," tutur Jokowi menambahkan.


Sumber: TVRI