TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Presiden Jokowi Tekankan 2 Isu Krusial Terkini kepada Kepala Daerah

Presiden Jokowi Tekankan 2 Isu Krusial Terkini kepada Kepala Daerah

13 Agustus 2024 17:02 WIB
Presiden Jokowi Tekankan 2 Isu Krusial Terkini kepada Kepala Daerah

TVRINews, Kabupaten Penajam Paser Utara 

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menekankan dua isu krusial kepada para kepala daerah, yakni menjaga daya beli masyarakat dan mempersiapkan Pilkada serentak.

Dalam pengarahannya, Jokowi meminta agar kepala daerah meningkatkan daya beli masyarakat, Presiden mengingatkan para kepala daerah untuk segera merealisasikan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). 

Kepala Negara menyoroti rendahnya realisasi belanja di kabupaten/kota yang baru mencapai 31 persen, sementara di tingkat provinsi sebesar 41 persen.

Ia juga menekankan bahwa makin cepat realisasi APBD, makin baik dampaknya terhadap perputaran uang dan daya beli masyarakat.

“Uang beredar di kabupaten Bapak, Ibu semuanya sangat rendah. Kalau peredaran uang rendah artinya daya beli juga enggak kuat. Segera keluarkan,” kata Jokowi di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa, 13 Agustus 2024.

Meski demikian, Orang Nomor Satu RI ini mengapresiasi kinerja seluruh gubernur, bupati, dan wali kota dalam menjaga inflasi nasional pada level yang sangat baik. 

“Inflasi kita berada di angka 2,13 persen, sebelumnya 2,58 persen. Sangat bagus,” ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyoroti persiapan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada bulan November. 

Ia meminta agar anggaran untuk Pilkada segera diselesaikan dan keamanan dipastikan dengan baik.

“Koordinasikan dengan Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) karena ini belum pernah kita memiliki pengalaman untuk melaksanakan Pilkada serentak,” tutur Jokowi.


Sumber: TVRI