TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Bulog Parepare Siap Penuhi Kebutuhan Beras untuk IKN

Bulog Parepare Siap Penuhi Kebutuhan Beras untuk IKN

13 Agustus 2024 16:55 WIB
Bulog Parepare Siap Penuhi Kebutuhan Beras untuk IKN

TVRINews, Parepare

Menyambut pembukaan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang segera diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Bulog cabang Parepare, Sulawesi Selatan, siap memenuhi kebutuhan pangan, terutama beras, untuk IKN. Meskipun beberapa infrastruktur seperti hotel dan restoran cepat saji belum sepenuhnya rampung, Bulog Parepare telah memastikan kesiapan mereka dalam mendukung kebutuhan pangan ibu kota baru tersebut.

Kepala Bulog Subdivre Cabang Parepare, Junaedi, menyatakan, pihaknya sangat siap untuk memenuhi kebutuhan pangan IKN. Parepare, yang memiliki posisi strategis dan didukung oleh empat daerah penghasil beras terbesar di Sulawesi Selatan, diperkirakan akan menjadi penopang utama untuk pasokan beras di wilayah timur Indonesia.

“Realisasi penyerapan beras kita di musim tanam pertama saat ini mencapai 48 ribu ton setara beras. Untuk musim tanam kedua, target kami adalah sekitar 30 ribu ton setara beras. Dengan demikian, total penyerapan beras kami di akhir musim ini akan mencapai 78 ribu ton setara beras,” ungkap Junaedi pada Selasa, 13 Agustus 2024.

Junaedi menambahkan, jumlah beras tersebut dipastikan akan cukup untuk menjadi penopang pangan, khususnya beras, di wilayah Indonesia timur, termasuk Kalimantan dan IKN. Selain letaknya yang strategis, Parepare juga memiliki pelabuhan yang potensial untuk pengiriman logistik ke Pulau Kalimantan dan gudang penyimpanan beras dengan kapasitas sekitar 120 ribu ton.

“Gudang kami di Parepare memiliki kapasitas penyimpanan sekitar 120 ribu ton setara beras. Kami akan mengisi gudang ini dengan pasokan dari daerah penghasil beras utama seperti Sidrap, Pinrang, Wajo, dan Soppeng. Dengan dukungan kapasitas gudang yang besar, kami siap memenuhi kebutuhan beras untuk IKN,” tegas Junaedi.

Kota Parepare, yang dilengkapi dengan Pelabuhan Nusantara, memiliki keunggulan geografis yang dapat mempercepat pengiriman barang dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan. Dengan jarak kurang lebih 529 mil laut dan waktu tempuh 17 jam menggunakan kapal laut, Parepare menawarkan efisiensi pengiriman yang lebih baik dibandingkan dengan kota Makassar, yang memerlukan waktu lebih dari 20 jam.

Dengan semua persiapan ini, Bulog Parepare siap menjadi bagian penting dari rantai pasok pangan untuk IKN, mendukung keberhasilan pembangunan ibu kota baru Indonesia.


Sumber: TVRI