TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Tower Hunian Polri dan BIN Sudah Terbangun, Sementara Dihuni Paspampres dan Paskibraka

Tower Hunian Polri dan BIN Sudah Terbangun, Sementara Dihuni Paspampres dan Paskibraka

15 Agustus 2024 13:00 WIB
Tower Hunian Polri dan BIN Sudah Terbangun, Sementara Dihuni Paspampres dan Paskibraka

TVRINews, Kabupaten Penajam Paser Utara

Pembangunan konstruksi Ibu Kota Nusantara (IKN) tengah berlangsung di dua kabupaten di Kalimantan Timur, yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Berbagai pembangunan sedang dikerjakan untuk kelangsungan IKN yang diproyeksikan bakal beroperasi pada 10 hingga 15 tahun kedepan. 

Salah satu yang sedang dikerjakan dan sudah beroperasi di IKN saat ini adalah Rusun Polri dan BIN yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dalam kesempatannya, Project Manager Rusun Polri dan BIN IKN Supriyanto menjelaskan bahwa pihaknya telah menyelesaikan dua tower, yakni satu Rusun Polri dan satu Rusun BIN.

Dikerjakan sejak bulan Oktober 2023 lalu, keduanya pun sudah bisa dihuni untuk berbagai macam keperluan, salah satunya peringatan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 mendatang.

"Untuk saat ini, ada dua tower yang sudah selesai ada Tower 1 BIN dan Tower 1 Polri. Ini percepatan yang sangat masif, karena ini juga untuk men-support kepentingan negara untuk mengakomodir dari pasukan paskibraka dan pengamanan persiapan upacara 17 Agustus lusa nanti," kata Supriyanto kepada tvrinews.com, Kamis, 15 Agustus 2024.

Supriyanto menyebutkan pihaknya ditargetkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) untuk membuat sebanyak tujuh tower yang terdiri atas tiga Rusun BIN dan empat Rusun Polri selesai pada 30 November 2024 mendatang.

Setiap tower direncanakan teridiri atas 12 lantai yang terdiri dari 10 lantai hunian dan dua lantai podium didalamnya. Disetiap lantainya meliputi enam unit hunian per lantai, secara keseluruhan tersedia 60 unit per tower. Setiap kamar bisa diisi oleh empat orang didalamnya.

"Saat ini, Tower 1 BIN sudah dihuni untuk satgas pengamanan dari TNI, kemudian untuk satu tower ini yang kita sekarang berada ini Rusun 1 Polri sudah dihuni oleh sebagian paspampers sebagian untuk pasukan paskibraka," tutur Supriyanto.


Sumber: TVRI