TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Persiapan Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Posko Kesehatan Telah Disiagakan

Persiapan Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Posko Kesehatan Telah Disiagakan

16 Agustus 2024 18:33 WIB
Persiapan Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Posko Kesehatan Telah Disiagakan

TVRINews, Penajam Paser Utara

Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia yang akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, sejumlah posko kesehatan telah disiagakan untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama pelaksanaan upacara.

Koordinator Tim Medis Kesehatan Posko Kemenko 1, Adam Kristy, mengungkapkan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk pendirian beberapa posko kesehatan di sekitar Istana Kepresidenan. Posko-posko ini bertugas memberikan layanan medis kepada peserta dan petugas upacara, termasuk personel TNI dari tiga matra.

“Di ring 1, posko pertama berada di Kemenko I dan Kemenko III. Selain itu, kami juga mendirikan posko di sisi timur dan barat daerah upacara untuk mendukung peserta dan petugas yang terlibat,” kata Adam Kristy yang dikutip dari tribratanewspolri pada Jumat, 16 Agustus 2024.

Posko kesehatan juga telah ditempatkan di dalam Istana Kepresidenan untuk melayani tamu VIP, serta di Istana Negara yang khusus menangani Presiden dan Presiden Terpilih RI. Adam menambahkan bahwa tim medis di setiap posko telah dipersiapkan untuk mengantisipasi berbagai masalah kesehatan yang mungkin terjadi, seperti sengatan panas (heatstroke), Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), hingga gigitan serangga.

Sebagai langkah antisipasi, jika terdapat kasus penyakit serius, pasien akan segera dirujuk ke RSUD Sepaku, rumah sakit swasta, atau rumah sakit di IKN. Selain itu, sebanyak 40 ambulans telah disiagakan untuk mengatasi kebutuhan medis yang mungkin timbul selama upacara.

Sebagai informasi, upacara HUT ke-79 RI di IKN akan dihadiri oleh 1.300 peserta, dengan tamu undangan termasuk mantan Presiden RI, presiden terpilih 2024-2029, pimpinan lembaga tinggi negara, menteri kabinet, tokoh masyarakat, serta pekerja di IKN.


Sumber: TVRI