TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Polemik Jilbab Paskibraka, Presiden Jokowi: Kita Harus Hormati Keberagaman

Polemik Jilbab Paskibraka, Presiden Jokowi: Kita Harus Hormati Keberagaman

17 Agustus 2024 18:27 WIB
Polemik Jilbab Paskibraka, Presiden Jokowi: Kita Harus Hormati Keberagaman

TVRINews, IKN-Kaltim

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan sebagai negara besar, kita harus menghormati keberagaman dan kebhinekaan. Hal tersebut ditegaskan kepala negara, merespon polemik larangan berjilbab bagi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

"Kita harus menghormati keberagaman, kita harus menghormati kebhinekaan karena negara ini negara besar sukunya berbeda rasnya berbeda agamanya berbeda adat istiadatnya berbeda," kata Presiden Jokowi, usai prosesi Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Lapangan Upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu, 17 Agustus 2024.

Dalam arena upacara di IKN, sebagian dari personel Paskibraka perempuan mengenakan jilbab. Hal ini menjadi tanda, polemik adanya Tim Paskibraka 2024 yang melepaskan hijab sudah selesai. Setelah menjadi sorotan, mereka yang mengenakan hijab "diizinkan" kembali menggunakannya.

"Jadi tidak bisa diseragamkan," lanjut Presiden.

Kepala negara berpesan, sebagai bangsa besar, seluruh masyarakat harus menanamkan rasa syukur dalam keberagaman untuk persatuan.

"Perbedaan itu adalah anugerah yang patut kita syukuri keberagaman itu adalah sesuatu kekayaan yang harus kita syukuri untuk persatuan bukan untuk perbedaan," tutup Presiden.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo bersama Presiden Terpilih RI, Prabowo Subianto, menghadiri prosesi Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Lapangan Upacara Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu sore. 

Momen khidmat ini berlangsung di bawah langit mendung, setelah kawasan IKN sempat diguyur hujan ringan selama 15 menit beberapa jam sebelumnya.

Presiden Jokowi, didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Prabowo, tiba di lokasi upacara sekitar pukul 16.43 WITA. Mereka kemudian melangkah menuju mimbar kehormatan, mengambil tempat di kursi yang telah disediakan di panggung utama.
[17/8 18.30] Bang alfin TVRI: Polemik Jilbab Paskibraka, Presiden Jokowi: Kita Harus Hormati Keberagaman


Sumber: TVRI