TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT ke-79 RI di IKN Bawa Dampak Positif Bagi Para Pedagang

Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT ke-79 RI di IKN Bawa Dampak Positif Bagi Para Pedagang

18 Agustus 2024 16:16 WIB
Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT ke-79 RI di IKN Bawa Dampak Positif Bagi Para Pedagang

TVRINews, Penajam Paser Utara

Upacara Detik-Detik Proklamasi dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia yang berlangsung pada Sabtu, 17 Agustus 2024 di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN) telah membawa dampak signifikan bagi para pelaku usaha di sekitar lokasi acara.

Salah satu pedagang di kawasan Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) IKN, Ibu Anace mengungkapkan bahwa acara peringatan kali ini memberikan dampak positif bagi usaha mereka. Peningkatan penjualan yang signifikan terlihat pada hari tersebut. 

"Meningkat dari yang biasanya 50 jadi 75, 50 persen ke 75 persen," kata pedagang, Anace di IKN, Kalimantan Timur, Minggu, 18 Agustus 2024.

Menurutnya, peningkatan penjualan tersebut terjadi karena keramaian acara tersebut. Sehingga membuat pelanggan yang biasanya tidak datang, menjadi lebih banyak. 

"Soalnya kan orang kantor kesini terus orang pekerja juga kesini. Jadi pegawai juga setengahnya disini, gak bisa masuk kesana jadi nonton disini bareng," ujarnya.

Saking ramainya, Anace mengakui dirinya sempat kewalahan karena banyaknya pelanggan yang terus berdatangan.

"Sempat kewalahan. Kewalahan banget, sampai kita gak bisa layani yang lain lagi, kayak mie kan terlalu repot, jadi kita layani yang nasi campur aja," ucapnya.

Meskipun penjualannya meningkat, ada kendala yang dihadapi, terutama dalam hal pasokan bahan baku seperti air minum.

"Kita memang kekurangan air minum kemarin (pas 17 Agustus). Karena stok air minum mungkin dari salesnya kan gak bisa masuk atau gimana. Kita kekurangannya air minum aja," jelasnya.

Baca Juga: HUT Ke-79 RI Digelar di IKN, Dorong Penjualan UMKM Lokal 


Sumber: TVRI