TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • HUT Ke-79 RI Digelar di IKN, Dorong Penjualan UMKM Lokal 

HUT Ke-79 RI Digelar di IKN, Dorong Penjualan UMKM Lokal 

18 Agustus 2024 16:11 WIB
HUT Ke-79 RI Digelar di IKN, Dorong Penjualan UMKM Lokal 

TVRINews, Penajam Paser Utara

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia yang diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) memberi dampak peningkatan terhadap penjualan UMKM di kawasan IKN, Kalimantan Timur. 

Salah satu Pedagang UMKM yang berada di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) yakni Maulana Alfia mengaku penjualan terhadap produknya selama acara HUT ke-79 RI di gelar di IKN melonjak tinggi dari sebelumnya. 

“Karena sebelum-sebelumnya sepi, adanya acara 17 Agustus jadi banyak tamu dateng banyak belanja buat oleh-oleh pulang,” kata Maulana Alfia saat ditemui di HPK, IKN, Kalimatan Timur pada Minggu 18 Agustus 2024. 

Adapun, produk yang ditawarkan berupa minyak dayak, pakaian, topi dan Handbag khas Nusantara. 

Sementara itu, banyaknya pembeli dari masyarakat luar Kalimantan Timur membuat Alfia sempat kewalahan. Meski demikian, dirinya mengaku senang lantaran omset penjualan yang sangat meningkat. 

“Penjualannya itu yang tadi omsetnya turun, sedikit, tiba-tiba jadi langsung naik membludak,” ujar Alfia. 

Alfia berharap agar nantinya pembangunan di IKN dapat mendorong pertumbuhan perekonomian warga sekitar, khususnya pada sektor UMKM. 

“Semoga makin rame dengan adanya pembangunan ibu kota nusantara ini makin rame, jadi UMKM daerah Sepaku tuh makin jaya,” tutupnya.

Baca Juga: Kemendikbudristek Apresiasi Capaian Program Guru Penggerak di Bengkulu


Sumber: TVRI