TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Lestarikan Budaya Lokal, Desa Sukomulyo Gelar Pagelaran Seni Kuda Lumping pada Peringatan HUT ke-79 RI

Lestarikan Budaya Lokal, Desa Sukomulyo Gelar Pagelaran Seni Kuda Lumping pada Peringatan HUT ke-79 RI

20 Agustus 2024 09:30 WIB
Lestarikan Budaya Lokal, Desa Sukomulyo Gelar Pagelaran Seni Kuda Lumping pada Peringatan HUT ke-79 RI

TVRINews, Penajam Paser Utara

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI), Desa Sukomulyo menggelar serangkaian acara. Salah satu yang menjadi sorotan yakni pertunjukan Pagelaran Seni Kuda Lumping. 

Ketua Panitia HUT Desa Sukomulyo, Ani Ekawati menyampaikan bahwa pergelaran acara ini berbeda dari tahun sebelumnya. Menurutnya, adanya seni kuda lumping sebagai bentuk melestarikan budaya lokal. 

“Kita melestarikan budaya ya dan kita tidak meninggalkan budaya yang ada. Jadi kita lestarikan itu,” kata Ani kepada tvrinews di Desa Sukomulyo, Sepaku, Kalimantan Timur, Senin 19 Agustus 2024. 

Lebih lanjut, Ani menyampaikan bahwa acara tersebut mendapatkan respon yang positif dari masyarakat, hal itu dapat dilihat dari antusias yang sangat tinggi dari warga sekitar. 

“Tahun ini kita mengadakan kuda lumping supaya meriah dan juga peminat atau masyarakat sini masih antusias kalau ada kuda lumping,” ujar Ani. 

Tak hanya kuda lumping, terdapat beragam serangkaian acara selama HUT di kecamatan Sepaku diantaranya, kegiatan upacara, perlombaan hingga acara hiburan. 

“Kemarin pada 17 Agustus kita melaksanakan upacara, setelah upacara kita melaksanakan kegiatan lomba-lomba untuk anak-anak dan ibu-ibu dewasa, bapak-bapaknya juga ada dan pada 19 Agustus ini acara hiburannya,” lanjutnya.


Sumber: TVRI